Home Tabalong Hari Ini Bentuk Kemampuan Komunikasi Para Pemandu Pramuka, KWARCAB Tabalong Ikuti Jota Joti 2023

Bentuk Kemampuan Komunikasi Para Pemandu Pramuka, KWARCAB Tabalong Ikuti Jota Joti 2023

by Muhammad Rais
0 comment

Secara serentak, kegiatan Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI) digelar di seluruh dunia. Kwarcab (Kwartir Cabang) Gerakan Pramuka Tabalong turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan JOTA-JOTI di Kabupaten Tabalong digelar di Sekretariat Kwarcab Tabalong pada 21 Oktober 2023. Kegiatan ini diikuti sekitar 50 peserta dari perwakilan Kwartir Ranting se-Tabalong dan beberapa Gugus Depan di sekitar.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Ketua Bidang Binawasa Kwarcab Tabalong, Mudiyono, di halaman Sekretariat Kwarcab Tabalong. Melalui kegiatan ini, Mudiyono mengharapkan para peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan terutama dalam melakukan komunikasi antar Pandu Pramuka di Indonesia maupun seluruh dunia.

“Harapannya mereka tetap meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilannya, skillnya, juga tetap mengembangkan sosial emosionalnya dengan baik, kemudian menjaga karakter, berbudi luhur, dan bisa berkomunikasi dengan anggota Pramuka lain di daerah-daerah lain melalui ORARI atau internet, sehingga mereka juga menjaga stabilitas nasional,” ujar Mudiyono.

Melalui kegiatan ini, para peserta dibekali materi terkait JOTA yang dikerjasamakan dengan ORARI Tabalong, yang melatih para peserta berkomunikasi melalui via radio amatir.

Sedangkan dalam kegiatan JOTI, para peserta melakukan komunikasi via internet melalui beberapa website yang terhubung dengan Pandu Pramuka di seluruh dunia. Salah satu website resminya melalui ScoutLink.org yang menyediakan IRC dan Minecraft server.

Baca Juga  Hingga Pertengahan November 2023, Realisasi Pajak Daerah Capai 92%

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment