Home Tabalong Hari Ini Bentuk Karakter Positif Pelajar, DISDIKBUD Laksanakan Lomba Tata Upacara Bendera Tingkat Kabupaten

Bentuk Karakter Positif Pelajar, DISDIKBUD Laksanakan Lomba Tata Upacara Bendera Tingkat Kabupaten

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui melaksanakan lomba Tata Upacara Bendera dengan melibatkan perwakilan sekolah dari 12 kecamatan se-Tabalong. Lomba Tata Upacara Bendera dilaksanakan sebagai upaya menanamkan sifat cinta tanah air dan pembentukan karakter positif terhadap anak.

Lomba Tata Upacara Bendera sukses terselenggara berkat kerjasama dengan Kodim 1008 Tabalong, Polres Tabalong, Purna Paskibraka Tabalong, dan Dinkes Tabalong. Lomba dilaksanakan pada Sabtu, 21 Oktober 2023, di halaman Sekolah SMK Negeri 1 Tanjung.

Lomba Tata Upacara Bendera diikuti oleh 12 sekolah perwakilan dari masing-masing kecamatan se-Tabalong, dengan masing-masing tim berjumlah 20 siswa. Dari lomba ini, SDN 2 Tanjung berhasil meraih juara pertama, SDN 1 dan 5 Belimbing juara kedua, SDN Warukin juara ketiga, SDN 1 Pulau Kecamatan Kelua juara harapan 1, SDN 1 Jaro juara harapan 2, dan SDN 1 Pulau Kecamatan Muara Uya juara harapan ketiga.

Kepala Bidang SD Disdikbud Tabalong, Masdulhak Abdi, menuturkan bahwa lomba Tata Upacara Bendera dilaksanakan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda yang bertujuan menanamkan sifat cinta tanah air dan pembentukan karakter positif terhadap anak.

“Adapun kegiatan ini terlaksana atas dasar sebuah keinginan bagaimana kita menanamkan kepada anak didik sejak dini sifat-sifat mencintai tanah air, nasionalisme, kemudian kedisiplinan, kerjasama, kemudian tanggung jawab, kepercayaan diri, dan kesiapan fisik dan mental. Kita tahu bahwa upacara hari Senin ini merupakan hari awal bagaimana sekolah bisa menyiapkan karakter-karakter positif bagi anak didiknya agar mereka lebih siap menghadapi 6 hari ke depan dalam kegiatan belajar dan mengajarnya,” ujar Masdulhak Abdi, Kepala Bidang SD Disdikbud Tabalong.

Baca Juga  Tingkatkan Gizi Anak, DWP Kemenag Tabalong Serahkan Makanan Tambahan

Masdulhak Abdi menambahkan bahwa dengan adanya Lomba Tata Upacara Bendera ini, diharapkan dapat memberikan pembelajaran kepada siswa tentang tata cara upacara bendera yang baik dan benar.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment