Ahmad Dhafa, Tahfidz Asal Tabalong Wakili Kalsel di Ajang MTQ Nasional Ke-29

by tabalong hari ini
0 comment

Inilah Ahmad Dhafa Az-Zain , pelajar kelas 1 Madrasah Aliyah di Tabalong yang akan mewakili kalimantan Selatan pada mtq ke-29 tingkat nasional, yang akan digelar di kalimantan selatan pada 10 Oktober hingga 19 Oktober 2022 mendatang.

Peserta termuda yang berusia 15 tahun ini akan bersaing dengan 37 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia pada cabang lomba tahfidz 1 juz dan tilawah .

Persiapanpun terus ia lakukan dengan berlatih secara mandiri maupun mengikuti training center. adapun persiapan yang ia lakukan mulai dari memperkuat hafalan hingga berlatih lagu tilawah.

Dhafa mengaku optimis masuk 3 besar di ajang kali ini, meskipun ini merupakan keikutsertannya yang kedua di ajang serupa , sebelumnya ia juga turut mewakili kalimantan selatan di ajang MTQ Nasional ke 28 di Maluku Utara , dan berhasil meraih posisi ke delapan nasional .

“di kiyau semalam, habis nasional di Maluku Utara, baru diseleksi juara 1,2,3 yang di Tanah Bumbu, habistu ulun dipanggil TC pertama ulun diseleksi yang juara 1,2,3 nya, habis Traning Center yang kedua tu hanyar ulun tepilih sampai ke training center ke-9,” kata Dhafa.

Keberhasilan Dhafa tidak terlepas dari dukungan orang tuanya. Orang tua Dhafa , Muhammad Jidransyah mengatakan dirinya terus mendoakan dan selalu memberi pendampingan pada sang anak , agar hasil yang didapat nantinya maksimal , ,

“Pertama adalah doa, dan juga waktu dan tenaga kami khususkan kepada Ahmad Dhafa terutama kalau dia habis pulang pondok, kami jadwalkan untuk terus belajar di rumah secara mandiri, dan kadang-kadang kami jagakan kalau ada kesalahan kami tegur, dan kalau ada kekurangan nya kami bisa memohon kepadanya untuk mempelajari lagi untuk memperbaiki, dan juga kami sering mengantarkan kepada guru-guru, guru dari mana pun, dari desa dari kota, dari manapun sedapat mungkin kami mengantarkan kepada guru-guru tersebut untuk belajar lebih baik,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Ahmad Dhafa akan mengikuti MTQ Nasional bersama 4 rekannya dari Tabalong , diantaranya Miftah Ramadhani pada cabang tahfidz 20 juz, Muhammad Bawai, cabang khat hiasan mushaf, serta Imam Anas dan Muhammad Yasser, pada cabang fahmil qur’an.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment