Home Tabalong Hari Ini 3 Pemancing Tewas Tenggelam di Kolam Buatan di Tabalong

3 Pemancing Tewas Tenggelam di Kolam Buatan di Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

4 pemancing dikabarkan tenggelam di kolam buatan komplek Linda Regency 8, Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak pada Sabtu sore, 6 Desember 2024. Satu orang berhasil selamat, sedangkan 3 orang lainnya meninggal dunia.

Petugas gabungan mengevakuasi 3 orang pemancing yang tenggelam di kolam buatan tepat di pinggir Sungai Mangkusip, komplek Linda Regency 8, Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak. Ketiga korban ditemukan meninggal dunia tidak jauh dari lokasi kejadian.

Masing-masing bernama Maidi Siswo Pranoto, 50 tahun, Agus Purwosari, 52 tahun, yang keduanya merupakan warga Kelurahan Belimbing, Kecamatan Murung Pudak, serta Riyadi, 47 tahun, warga Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Saksi yang merupakan korban selamat, Memet, menceritakan bahwa awalnya mereka memancing di pinggiran kolam tersebut sekitar pukul 3 sore. Namun, salah satu korban, Siswo, mencoba berpindah lokasi, dan tidak disangka ia tercebur dan tenggelam. Melihat Siswo tenggelam, Agus dan Riyadi mencoba menyelamatkannya, namun keduanya ikut tenggelam.

“Airnya kan kencang, masih kelihatan kepala gitu tapi masih, saya hampir dijarak 2 meteran lagi dapat saya pegang orangnya itu, cuman saya tenggelam juga. Terus saya masih ingat, wah ini kalau saya paksa saya tenggelam juga nih, terus saya memegang apa yang bisa dipegang, ada rumput, entah kayu kah kuat, nah itu saya ambil nafas menepi, menepi pun segini pak dalamnya itu. Habis Tarik napas baru saya berusaha mengambil pipa paralon tadi, saya cabut makanya bocor pipa paralon orang itu tandon orang itu, rupanya kurang Panjang dan nda nyampaikan masih kira-kira 2 meteran lagi kurang Panjang, terus kakanya ini yang ngejar, kakanya korban pertama ini mengejar udah dipegang di diakan, saya mau mengambil pipa yang kedua lagi, saya lari lagi mengejar mau bantu, pipa itu nda nyampai lagi karena mereka Sebagian hanyut, ada satu orang disitu pak telpon rescue, rupanya dia nyebur juga bantu nolong akhirnya ikut tenggelam juga.” ujar Memet, saksi.

Baca Juga  PLUT Makin Dimanfaatkan Pelaku UMKM

Sementara itu, Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian melalui Kanit Reskrim Polsek Murung Pudak IPDA Tarigan membenarkan kejadian ini. Ketiga korban telah dibawa ke Rumah Sakit Haji Badaruddin Kasim Maburai untuk penanganan lebih lanjut.

“Dengan kejadian ini kami ada menerima laporan sekitar 16.00 WITA dari laporan itu menjelaskan bahwa ada warga yang tenggelam didaerah Linda 8, di daerah Tanjung Selatan. Untuk menindak lanjuti laporan itu kami kemudian langsung melangkah ke TKP, dan sampai di TKP sekitar 16.15 WITA dan sampai di TKP kami memang menemukan ada warga yang telah berkumpul bersama dengan tim penyelamat dari UPBS, dan dari tim BPBD. Lalu kemudian kita lakukan upaya pencarian terhadap korban yang diduga tenggelam yang diperkirakan didaerah ada kolam buatan yang biasanya dipergunakan untuk air bersih untuk warga, yang memang posisinya berada di pinggir sungai Mangkusip, dan menurut informasi bahwa korban yang tenggelam ini adalah tiga orang, dimana setelah dilakukan pencarian, kurang lebih 10 menit, ditemukan 1 dan kemudian 5 menit berikutnya ditemukan lagi satu yang langsung dievakuasi.” ujar IPDA Tarigan, Kanit Reskrim Polsek Murung Pudak.

Tarigan menambahkan bahwa dalam kurun waktu 3 hari terakhir telah terjadi 3 kali kejadian orang tenggelam. Ia mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berhati-hati dan waspada saat beraktivitas disekitaran aliran sungai terlebih di wilayah yang sedang terendam banjir.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment