Home Tabalong Hari Ini Terima Bantuan Combine Harvester, Petani: Alhamdulillah, Kada Perlu Nyewa Lagi

Terima Bantuan Combine Harvester, Petani: Alhamdulillah, Kada Perlu Nyewa Lagi

by Muhammad Rais
0 comment

Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Puain Kanan Kecamatan Tanta menyambut baik bantuan alat dan mesin pertanian oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong beberapa waktu lalu. Adanya bantuan alsintan ini pun dinilai semakin mempermudah pekerjaan petani.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Puain Kanan, Jani, saat ditemui pada Kamis, 4 Januari 2024.

Jani mengaku sangat senang menjadi salah satu penerima bantuan alat dan mesin pertanian atau alsintan berupa Combine Harvester dari Pemerintah Daerah Tabalong belum lama tadi. Menurutnya, adanya Combine Harvester akan sangat mempermudah saat memanen padi dan menekan pengeluaran para petani.

Pasalnya, sebelum adanya bantuan ini, para petani Puain Kanan selalu menyewa Combine Harvester dari pihak swasta, sehingga biaya yang dikeluarkan petani cukup tinggi.

Meski demikian, Jani menjelaskan bahwa nantinya para petani yang menggunakan Combine Harvester tersebut akan dikenakan biaya yang tidak memberatkan. Biaya tersebut akan dikelola oleh kelompok dan digunakan untuk operasional serta pemeliharaan Combine Harvester tersebut.

“Nahkan dari hasilnya tadi, kita akan sisihkan untuk pendanaan perbaikan, nantikan jika 50 juta semisal pertiganya kita sisihkan untuk perbaikan, jadikan untuk pendanaan nanti enggak perlu dari dinas lagi,” ujar Jani, Ketua Kelompok Tani Tunas Harapan.

Jani berharap bantuan alat dan mesin pertanian terus ditambah, sehingga pekerjaan pertanian semakin mudah dan berimbas pada peningkatan produksi hasil pertanian di Tabalong.

Baca Juga  Hingga 21 Agustus 2023, 73 Hotspot Ditemukan di Tabalong

Diketahui, sebanyak 102 alsintan yang dibeli melalui Dana APBD Tahun Anggaran 2023 Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Tabalong diserahkan kepada puluhan kelompok tani pada Selasa, 2 Januari 2024. Alsintan yang diserahkan meliputi 3 unit Combine Harvester, 2 unit traktor roda 4, 42 unit traktor rotary, 14 unit cultivator, 29 unit power thresher, 10 unit pompa air, serta satu unit excavator dan satu unit low boy yang ditujukan bagi UPTD Alsintan DKPPTPH Tabalong.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment