Home Editor's Picks Isman: Peran Kepala Daerah Jadi Kunci untuk Membudayakan Inovasi

Isman: Peran Kepala Daerah Jadi Kunci untuk Membudayakan Inovasi

by tabalong hari ini
0 comment

Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri Isman menilai, bahwa peran Kepala Daerah merupakan kunci utama dalam membangun budaya inovasi. Pasalnya, keberhasilan sebuah inovasi yang dihadirkan suatu daerah tidak lepas dari peran dan intervensi Kepala Daerah.

Hal ini disampaikan oleh pemateri Bimbingan Teknis Pemantapan Inovasi Daerah, Isman, saat mengisi acara di Kabupaten Tabalong pada 3 Mei 2023 di Hotel Jelita Tanjung.

Dihadapan 180 inovator se-Tabalong, Isman mengapresiasi peran Bupati Tabalong Anang Syakhfiani yang dalam 2 tahun terakhir telah berhasil membangun budaya inovasi di Tabalong sehingga mampu meraih predikat Kabupaten Terinovatif 2 tahun berturut-turut.

Menurut Isman, keberhasilan Tabalong ini tidak lepas dari intervensi dan kebijakan Kepala Daerah. Pasalnya, inovasi 90 persen akan berhasil jika ada intervensi dan kebijakan tersebut.

“Kabupaten Tabalong ini kan salah satu kabupaten yang terinovatif nih di Kalimantan Selatan. Sudah menjadi iconnya di Kalimantan. Tabalong ini dalam 2 tahun bisa membangun budaya inovasi ini tidak terlepas dari pada intervensi atau kebijakan Kepala Daerah. Karena inovasi 90% akan berhasil jika ada intervensi kebijakan dari Kepala Daerah dan itu tidak akan sekedar,” kata Isman.

Isman, pemateri dari Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (Kemendagri), juga menekankan bahwa melalui inovasi, setiap daerah dituntut untuk menjalankan 32 urusan yang menjadi kewenangan pemerintah dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Baca Juga  Awali Tahun 2023, Bupati Anang Dorong SKPD Terus Berinovasi

(Gazali Rahman/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment