Home Tabalong Hari Ini BPBD Himbau Warga Tabalong Selalu Waspada Banjir dan Longsor

BPBD Himbau Warga Tabalong Selalu Waspada Banjir dan Longsor

by Muhammad Rais
0 comment

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tabalong mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan siaga terhadap bencana alam yang rawan terjadi saat ini, khususnya daerah rawan banjir.

Imbauan tersebut disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabalong, Haris Fakhrozi, saat diwawancarai pada Senin, 8 Januari 2024, di Pendopo Bersinar Pembataan.

Haris menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tabalong, khususnya yang berada di daerah rawan banjir seperti wilayah utara dan juga selatan, agar selalu waspada terhadap naiknya debit air sungai akibat curah hujan yang tinggi.

Selain itu, ia mengingatkan masyarakat agar mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi saat banjir, seperti mengamankan dokumen penting hingga barang berharga lainnya.

“Kami menghimbau supaya dapat diantisipasi lebih dahulu terkait harta bendanya, mohon waspada terhadap kenaikan air sehingga kita selamatkan dulu harta benda kita. Kemudian apabila terjadi banjir dan mengganggu aktivitas, maka kami BPBD yang akan melakukan evakuasi, apakah bapak ibu kembali ke tempat keluarga atau keluarga yang aman rumahnya atau ke tempat pengungsian yang akan kita lanjuti kemudian.” ujar Haris Fakhrozi, Kepala Pelaksana BPBD Tabalong.

Haris menambahkan, selain bencana banjir, masyarakat yang berada di kawasan rawan longsor baik yang berada di dataran tinggi maupun di bantaran sungai agar selalu siaga dan waspada.

Apabila masyarakat menemukan atau mengalami keadaan darurat berupa pertolongan, evakuasi, dan penyelamatan, dapat langsung menghubungi hotline BPBD Tabalong ke nomor telepon 0822-1010-7129.

Baca Juga  Padi IP 200 Berhasil Dikembangkan Petani Desa Takulat

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment