Home Tabalong Hari Ini Pesta Buah, Cara DKPPTPH Ajak Masyarakat Menanam

Pesta Buah, Cara DKPPTPH Ajak Masyarakat Menanam

by Muhammad Rais
0 comment

Meriahkan puncak peringatan Hari Jadi ke-58 Kabupaten Tabalong, Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong menggelar Pesta Buah Gunungan hasil pertanian. Pesta buah ini merupakan cara DKPPTPH mengajak masyarakat sadar menanam.

Pesta Buah Gunungan hasil pertanian digelar di Taman Bahindang Bahindala, komplek Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, usai puncak peringatan Hari Jadi Tabalong, Jumat, 8 Desember 2023. Sebanyak 1200 buah durian lokal dan puluhan jenis buah dan tanaman hortikultura lainnya disajikan DKPPTPH Tabalong untuk masyarakat.

Kepala DKPPTPH Tabalong, Fahrul Raji, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan ungkapan syukur atas Hari Jadi ke-58 Kabupaten Tabalong. Dia menilai target utama dari kegiatan ini adalah memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk semakin sadar menanam.

“Semoga masyarakat ini bisa menikmati hasil buah lokal kita dan juga mereka bisa mencintai buah lokal kita dan juga sayur-sayuran. Mudah-mudahan mereka tertarik untuk menanam. Sebenarnya tujuannya adalah memotivasi mereka. Mudah-mudahan dengan kecintaan dengan buah, dengan produk horti, mereka bisa menanam di rumah masing-masing,” ujar Fahrul Raji.

Fahrul Raji menambahkan bahwa dengan adanya kesadaran untuk menanam sendiri, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan secara mandiri serta menjadi upaya dalam menekan inflasi.

Pesta ini mendapat sejumlah tanggapan positif dari masyarakat. Dianggap sebagai salah satu ajang promosi produk pertanian lokal di Tabalong.

Baca Juga  Senin 25 September 2023, Harga Daging Ayam Ras Naik di Pasar Tanjung

“Kami sebagai masyarakat umum, khususnya sangat bersyukur dengan adanya acara ini yang mana kami dapat menikmati hasil panen dari petani-petani lokal di sini dan kami dapat menikmatinya,” kata Ahdiannoor.

“Saya sebagai masyarakat Tabalong merasa senang ya karena dengan adanya bagi-bagi buah gratis ini, masyarakat itu jadi bisa merasakan hasil pertanian petani-petani yang ada di Tabalong dan juga sebagai ajang promosi bagi para petani, mungkin menerangkan bahwa kualitas hasil pertanian di Tabalong ini lumayan memadai,” ujar Rita Aryani.

Masyarakat berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya dan terus mengalami peningkatan baik dari segi jenis buah atau bahkan jumlah buah yang disajikan.

Selain itu, masyarakat juga berharap kegiatan ini ke depan dapat digelar secara tertib agar tidak terjadi keributan dan saling berebut.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment