Tabalong Fashion Week Angkat Tema Kombinasi Batik Dan Kulit Kayu

by tabalong hari ini
0 comment

Untuk memperingati dan memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tabalong yang ke-57, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar kegiatan Tabalong Fashion Week Tahun 2022 sekaligus lomba fashion show. Kegiatan ini dilaksanakan pada 27 November 2022, di depan Pendopo Bersinar Pembataan.

Pada kesempatan ini para peserta yang mengikuti lomba, diwajibkan memadukan kearifan lokal batik Tabalong dan kulit kayu. Kedua bahan ini menjadi salah satu poin penilaian utama dalam lomba.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Tabalong, Masdulhak Abdi mengatakan, Tabalong Fashion Week sengaja mengangkat tema Batik Tabalong dan kulit kayu,  agar dapat ditampilkan semenarik mungkin melalui kegiatan ini.

“Tujuan kita untuk mengeksplore ini karena memang Batik Tabalong dan kulit kayu merupakan karya orang banua Bumi Saraba Kawa yang haruskita lestarikan dan harus kita cintai dan salah satu bentuk kebanggaan kita, kecintaan kita terjadap  budaya orang banua bumi Tabalong, ini adalah bagaimana supaya msyarakat, generasi muda, dan semua kalangan, ini betul-betul mencintai Batik Tabalong dan kulit kayu karna 2 bahan ini adalah bahan kebanggan kita yang memang harus dipentaskam, di pamerkan, di lestarikan,” tuturnya.

Ketua Pelaksana Tabalong Fashion week tahun 2022, mahdalena syahdan turut berpartisipasi dalam memamerkan karya-karyanya. Ia berharap, dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat berdampak pada UMKM dan skill model yang semakin berkembang. Kegiatan ini juga sebagai wadah melestarikan budaya Kabupaten Tabalong ke ranah yang lebih luas.

“Harapan saya umkm adalah pengrajin yang membikin Batik Tabalong akan tambah sukses anak-anak modelling juga akan tambah sukses menjadi seorang model yang profesional bukan hanya di Tabalong tapi juga bisa mewakilkan ke Jakarta,” ungkapnya.

Lomba Fashion Show diikuti 60 peserta, yang terdiri dari kategori anak, kategori remaja, dan kategori dewasa. Sementara para pemenang lomba, mendapatkan hadiah piala, penghargaan, dan juga uang pembinaan.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment