Home Tabalong Hari Ini Nan Sarunai Tabalong Festival Jadi Ajang Perkuat Persatuan dan Kesatuan

Nan Sarunai Tabalong Festival Jadi Ajang Perkuat Persatuan dan Kesatuan

by Muhammad Rais
0 comment

Nan Sarunai Tabalong Festival 2023, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-58 Kabupaten Tabalong, resmi dibuka pada Sabtu pagi, 8 Desember 2023, di halaman Pendopo Bersinar Pembataan. Kegiatan ini diharap mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Pembukaan Nan Sarunai Tabalong Festival 2023 ditandai dengan pemukulan alat musik Linpat oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, bersama Walikota Blitar, Santoso, Ketua DPRD Tabalong, Mustafa, Ketua DPRD Blitar Syahrul Alim, serta jajaran Forkopimda Tabalong.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, menuturkan, dengan masyarakat Kabupaten Tabalong yang sangat heterogen, kegiatan Nan Sarunai Tabalong Festival yang menampilkan seni budaya dari berbagai suku se-Indonesia dapat menjadi referensi pengembangan seni budaya Tabalong.

Selain itu, melalui Nan Sarunai Tabalong Festival yang pertama kali digelar ini, pemerintah daerah berupaya mengenalkan berbagai seni budaya di sekitar Ibukota Nusantara sebagai bentuk mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Ini sangat menghibur masyarakat kita, jadi kegiatan ini saya sudah katakan selain dalam rangka memeriahkan Hari Jadi tetapi juga untuk memperkenalkan seni budaya disekitar IKN kepada masyarakat luar dan sebaliknya.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Bupati Anang berharap Nan Sarunai Tabalong Festival menjadi agenda rutin setiap tahun dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tabalong yang jatuh pada tanggal 1 Desember.

Nan Sarunai Tabalong Festival digelar selama 3 hari, yaitu pada 8 Desember 2023, kegiatan diisi dengan 12 penampilan seni dari berbagai daerah. Kemudian, pada tanggal 9 Desember, diisi dengan Grand Show Nan Sarunai Tabalong Festival yang diikuti oleh 18 kontingen kebudayaan perwakilan kabupaten kota, dan turut didukung oleh 20 paguyuban sebagai peserta Pawai Budaya, serta 32 peserta yang terbagi dalam 4 kategori.

Baca Juga  Hari Terakhir Pasar Murah, Minyak Goreng dan Gula Ludes Hitungan Jam

Para peserta Grand Show ini menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya di depan dewan juri. Selanjutnya, para peserta berjalan menuju Taman Giat Kota Tanjung.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment