Home Tabalong Hari Ini Nan Sarunai Tabalong Festival Tampilkan Beragam Seni Budaya Nusantara

Nan Sarunai Tabalong Festival Tampilkan Beragam Seni Budaya Nusantara

by Muhammad Rais
0 comment

Nan Sarunai Tabalong Festival tahun 2023 diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan dan luar Kalimantan. Berbagai penampilan seni budaya pun sukses ditampilkan para peserta.

Beginilah penampilan para peserta Grand Show Carnival di ajang Nan Sarunai Tabalong Festival 2023 saat unjuk kebolehan di hadapan dewan juri dan ratusan masyarakat.

Para peserta ini juga melakukan karnaval di sepanjang Jalan PHM Noor Pembataan menuju titik akhir karnaval di Taman Giat Kota Tanjung. Berbagai kostum etnik dan seni budaya ditampilkan para peserta, mulai dari kostum bernuansa Dayak, Banjar, Jawa, Batak, Minang, Timur, dan daerah lainnya di Indonesia.

Grand Show ini diikuti ratusan peserta yang berasal dari 18 kontingen kebudayaan perwakilan kabupaten/kota, 20 grup Pawai Budaya dari paguyuban, sanggar seni, dan sekolah, serta 32 peserta yang terbagi dalam kategori anak-anak, dewasa, kelompok umum, dan kategori daur ulang.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Tabalong, Abdul Halim, menjelaskan bahwa kegiatan ini digelar untuk mengenalkan seni dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Tabalong maupun luar Kabupaten Tabalong.

“Yang penting, kita menampilkan kesenian dan kebudayaan keanekaragaman yang ada di Indonesia. Siapa yang tampil, mau kita adopsi dari sana, mau kita izin, yang penting masukan kesini dan mencerminkan keanekaragaman budaya di Indonesia. Karena apa yang disampaikan Bupati kemarin, kita mengenalkan budaya kita di sekitar ikan, kemudian budaya luar juga memperkenalkan budaya mereka kepada kita di sekitar ikan.” ujar Abdul Halim, Kepala Disporapar Tabalong.

Baca Juga  Upaya Wujudkan Ibu Hamil Sehat, Puskesmas Banua Lawas Gelar Gerakan Ibu Hamil Sehat

Abdul Halim menambahkan bahwa pihaknya akan berkomitmen agar kegiatan Nan Sarunai Tabalong Festival akan kembali dilaksanakan di tahun 2024 mendatang dan menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tabalong.

Diketahui, Nan Sarunai Tabalong Festival digelar selama 3 hari mulai 8 hingga 10 Desember 2023. Setiap malamnya, berbagai penampilan seni budaya dari berbagai daerah ditampilkan di area panggung utama. Nan Sarunai Tabalong Festival nantinya akan ditutup pada Minggu malam, 10 Desember 2023, dalam penutupan ini turut dimeriahkan oleh artis ibu kota Budi Doremi.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment