Home Tabalong Hari Ini Tabalong Kembali Raih Adipura, Bupati Anang: Berkat Kolaborasi Bersama

Tabalong Kembali Raih Adipura, Bupati Anang: Berkat Kolaborasi Bersama

by Muhammad Rais
0 comment

Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, kembali meraih Piala Adipura ke-5 secara berturut-turut. Keberhasilan tersebut dinilai berkat kerja keras dan kolaborasi seluruh pihak, baik pemerintah, masyarakat, maupun perusahaan swasta.

Pemerintah Kabupaten Tabalong menerima penghargaan Piala Adipura tahun 2023 kategori Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, pada Selasa, 5 Maret 2024, di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian LHK RI, Jakarta.

Penghargaan Adipura ini merupakan yang kelima kalinya secara berturut-turut diraih Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, yang ditemui usai menerima penghargaan mengaku bersyukur atas kembali diraihnya Piala Adipura yang merupakan lambang suplemasi pengelolaan kebersihan dan keindahan kota di tingkat nasional.

Terlebih penghargaan yang cukup bergengsi ini diraih menjelang berakhirnya masa jabatan Bupati Tabalong.

Bupati Anang mengatakan, keberhasilan meraih Piala Adipura ke-5 berkat kerja keras dan kolaborasi seluruh stakeholder, baik jajaran pemerintah dari tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan, hingga desa, serta dukungan masyarakat Tabalong, perusahaan swasta, dan perbankan.

Anang berharap tradisi Piala Adipura dapat dipertahankan di tahun-tahun berikutnya. Bahkan ia menilai Tabalong berpeluang meraih penghargaan Piala Adipura Kencana.

“Kita punya peluang yang besar kesana, tinggal bagaimana kita meningkatkan kerja keras tadi yakan. Ditambah upaya kita menambah ruang terbuka hijau, kemudian sistem pengelolaan TPA yang bagus. Semua ini hanya bisa terwujud kalo ada dukungan dari masyarakat,” kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Pada kesempatan ini, Bupati Anang mengimbau agar masyarakat Tabalong meningkatkan pengelolaan sampah, sehingga kota tidak saja bersih, teduh, dan hijau, tetapi juga sebagai upaya nyata menekan timbunan sampah di rumah tangga.

Hal ini sesuai arahan Wakil Presiden Republik Indonesia, Kiyai Haji Maruf Amin, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya, dalam sambutannya untuk mendorong secepatnya pencapaian target dan kebijakan nasional pengurangan sampah sebesar 30 persen, dan penanganan sampah sebesar 70 persen di tahun 2025, serta nol sampah dan nol emisi di tahun 2050.

Sebagai informasi tambahan, sebanyak 5 kabupaten-kota meraih Piala Adipura Kencana, 106 kabupaten-kota meraih Piala Adipura, salah satunya Kabupaten Tabalong, dan 51 kabupaten-kota meraih sertifikat Adipura.

Hasil penilaian Adipura tahun 2023 ini mengalami peningkatan cukup signifikan dibanding tahun 2022, yaitu dari 80 kabupaten-kota menjadi 106 kabupaten-kota peraih Piala Adipura, atau meningkat 32,5 persen.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment