Home Tabalong Hari IniPertanian & Perkebunan Padi IP 200 Berhasil Dikembangkan Petani Desa Takulat

Padi IP 200 Berhasil Dikembangkan Petani Desa Takulat

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Tanaman Pangan Hortikultura DKPPTPH Kabupaten Tabalong mengapresiasi keberhasilan pengembangan padi IP 200 oleh kelompok tani Serumpun di Desa Takulat, Kecamatan Kelua. Keberhasilan ini diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan pangan di Tabalong.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPTPH Kabupaten Tabalong, Budi Santoso, usai melaksanakan panen dan syukuran atas keberhasilan petani mengembangkan padi IP 200 di Desa Takulat, Kecamatan Kelua, Kamis 13 Juni 2023.

Budi Santoso mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan oleh para petani yang tergabung dalam kelompok tani Serumpun, sehingga padi IP 200 jenis varietas hibrida Mapan 02 yang ditanam di 5 borongan lahan dapat tumbuh subur dan berhasil dipanen.

Menurutnya, dengan keunggulan padi IP 200, yaitu dapat ditanam di lahan kering, penanaman padi tidak hanya dapat dilakukan saat musim hujan saja, namun juga pada saat musim kemarau.

Sehingga kebutuhan padi, khususnya di Kecamatan Kelua, dapat terpenuhi dengan baik dan diharapkan dapat berdampak pada terkendalinya inflasi di Kabupaten Tabalong.

“Ini apa tujuannya? Tujuannya supaya lahan-lahan yang tidak termanfaatkan di musim kemarau itu bisa ditanami kembali dengan padi, sehingga nyambung, di musim hujan kita menanam padi dilanjutkan kembali dengan IP 200 nya untuk kita juga menanam padi, nah ini. Sehingga apa? Sehingga ketersediaan beras, khususnya yang ada di Kecamatan Kelua ini bisa terjaga, sehingga ini juga berdampak kepada mungkin inflasi yang ada di daerah sini,” ujar Budi Santoso, Kasi Bidang Sarana TPH DKPPTPH Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Bertemu BPBD BARSEL, KOMISI III DPRD Tabalong Sharing Soal Pencegahan Karhutla

Budi berharap agar pengembangan padi IP 200 di Desa Takulat dapat terus ditingkatkan, hal ini pun nantinya juga berdampak pada pendapatan para petani.

Diketahui, padi IP 200 juga telah dikembangkan oleh para petani di sejumlah desa yang ada di Kecamatan Kelua, seperti Desa Bahungin dan Desa Binturu.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment