Home Tabalong Hari IniLingkungan Ribuan Pohon Ditanam di Jalan Nan Sarunai

Ribuan Pohon Ditanam di Jalan Nan Sarunai

by tabalong hari ini
0 comment

Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar aksi menanam pohon di kawasan Tanjung Green City atau Jalan Nan Sarunai, Senin, 12 Juni 2023.

Beginilah saat Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Asisten Setda Tabalong, Kepala SKPD, dan sejumlah instansi terkait melakukan penanaman pohon di sepanjang Jalan Nan Sarunai.

Setidaknya, 10.710 pohon yang terdiri dari 525 pohon peneduh, 1.400 pohon buah, dan 8.785 pohon atau tanaman hias ditanam di kedua sisi ruas Jalan Nan Sarunai sepanjang 4,2 kilometer.

Disampaikan terpisah saat upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di halaman Pendopo Bersinar Pembatan, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, mengatakan bahwa aksi tanam pohon peneduh, hias, dan buah merupakan salah satu cara Pemerintah Kabupaten Tabalong guna menciptakan kawasan Tanjung Green City sebagai kawasan asri dan nyaman.

“Keliling-keliling Nusa Dua lalu saya terinspirasi Tanjung Green City, Jalan Nan Sarunai. Itu kita jadikan secuil Nusa Dua Bali. Nah, karenanya, selain tanaman-tanaman peneduh dan tanaman hias di bahu jalan, akan kita tanami buah-buahan lokal,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Slamet Riyadi, mengatakan bahwa berbagai jenis pohon buah lokal juga ditanam di sepanjang Jalan Nan Sarunai. Nantinya, buah tersebut dapat dinikmati secara umum bagi masyarakat Tabalong.

“Untuk pohon buahnya, nanti kalau sudah berbuah, silahkan masyarakat bisa menikmati bebas, dan diharapkan juga nanti tentunya semua masyarakat bisa memelihara tanaman yang sudah dibangun oleh pemerintah,” ujar Slamet Riyadi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong.

Baca Juga  Pemkab Tabalong Bantu Korban Kebakaran di Mabuun

Slamet menambahkan bahwa terdapat 6 jenis buah lokal yang ditanam, yaitu buah alpukat, jeruk, jambu, durian, kelengkeng, dan mangga.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment