Home Tabalong Hari Ini Ratusan Jamaah Haji Tabalong Ikuti Manasik Massal

Ratusan Jamaah Haji Tabalong Ikuti Manasik Massal

by Muhammad Rais
0 comment

Untuk memantapkan pelaksanaan ibadah haji bagi jamaah haji, Kementerian Agama Kabupaten Tabalong menggelar Manasik Haji Massal pada Rabu, 17 April 2024, di Masjid Al-Abrar Islamic Center Maburai, Kecamatan Murung Pudak.

Manasik Haji Massal diikuti sekitar 652 jamaah haji reguler asal Kabupaten Tabalong, baik yang masuk dalam kuota haji utama maupun cadangan.

Pada manasik haji ini, para jamaah haji diberikan materi tentang kebijakan pemerintah, pelayanan kesehatan, hingga rangkaian ibadah haji tahun 2024.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, Sahidul Bakhri, mengatakan agar ilmu yang diberikan kepada jamaah tersampaikan dan diterima dengan baik. Pihaknya menggandeng pemateri profesional yang telah memiliki sertifikasi pembimbing haji.

“Memang jamaah ini secara mandiri mereka sudah banyak belajar, cumakan lebih banyak ilmu yang kita berikan karena ada hal-hal yang belum tersentuh, karenakan orang berhaji ini banyak orang-orang kampung yang kada pernah keluar kota, makanya hari ini manasik-manasik itu kita berikan manasik-manasik yang banyak belum tersentuh, kemudian yang kedua manasik terkait ramah lansia,” ujar Sahidul Bakhri, Kepala Kementerian Agama Tabalong.

Sahidul menambahkan Manasik Massal bagi jamaah haji reguler akan digelar sebanyak 10 kali. Sebanyak delapan kali digelar di masing-masing kecamatan, dan dua kali digelar di tingkat Kabupaten Tabalong.

Sahidul berharap seluruh jamaah haji Tabalong dapat terus mematangkan persiapan untuk beribadah di tanah suci sehingga akan mendapatkan predikat haji yang mabrur.

Baca Juga  641 Jamaah Haji Tabalong Dijadwalkan Berangkat pada 23 Mei 2024

Diketahui, rencana perjalanan haji 1445 Hijriah atau tahun 2024 telah diterbitkan oleh Kementerian Agama. Di mana keberangkatan haji di tahun 2024 ini akan dibagi menjadi dua gelombang.

Gelombang pertama dijadwalkan berangkat mulai tanggal 12 hingga 23 Mei 2024, dari Indonesia menuju Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah. Sedangkan gelombang kedua dijadwalkan berangkat pada tanggal 21 Mei hingga 1 Juni 2024, dari Indonesia menuju Bandara King Abdul Aziz International Airport di Jeddah.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment