Home Tabalong Hari Ini Tingkatkan Kualitas Inovasi Daerah, BAPPEDALITBANG Kumpulkan Seluruh Inovator

Tingkatkan Kualitas Inovasi Daerah, BAPPEDALITBANG Kumpulkan Seluruh Inovator

by Muhammad Rais
0 comment

Sebagai upaya meningkatkan inovasi daerah, Pemkab Tabalong menggelar sosialisasi bagi inovasi daerah pada Rabu, 27 Maret 2024. Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat melahirkan inovasi-inovasi yang berkualitas.

Sosialisasi inovasi daerah tahun 2024 yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan BAPPEDALITBANG Tabalong menyasar seluruh inovator lingkup Pemkab Tabalong.

Kegiatan sosialisasi ini digelar sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas inovasi yang ada di Kabupaten Tabalong.

Dalam kesempatan ini, para peserta diberikan materi tentang pemahaman inovasi, indikator inovasi, serta tahapan penilaian inovasi.

Sekretaris BAPPEDALITABANG Tabalong, Sujadi, mengatakan bahwa untuk mengawal pembuatan inovasi sesuai dengan aturan yang berlaku, pihaknya tidak hanya memberikan sosialisasi, namun juga akan melakukan coaching clinic bagi seluruh SKPD.

Sehingga melalui berbagai kegiatan pendampingan tersebut, berbagai inovasi ideal yang sesuai dengan harapan dapat terwujud, yakni di antaranya dapat memberikan kemudahan, efisiensi, dan efektivitas terhadap pelayanan daerah.

“Inovasi ini kan sebenarnya secara manajemen itu bisa memberikan kemudahan kemudian efisiensi dan efektivitas jadi harapannya inovasi-inovasi itu bisa kalau dari konteks pemerintahan bisa mempercepat proses pelayanan pemerintahan kemudian pelayanan publik bisa dijangkau lebih mudah dan intinya nanti bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ini inovasi harapan harapannya seperti itu jadi memudahkan segala macam birokrasi yang sudah kita lakukan,” ujar Sujadi, Sekretaris BAPPEDALITBANG Kab. Tabalong.

Baca Juga  Kepala Bappedalitbang: Musrenbang untuk Sepakati Usulan Super Prioritas

Sujadi menambahkan bahwa peningkatan kualitas inovasi juga merupakan salah satu upaya pemerintah daerah Kabupaten Tabalong dalam mempertahankan prestasi sebagai kabupaten terinovatif pada ajang Indonesia Government Awards.

Selain itu, Kabupaten Tabalong juga terus meningkatkan jumlah inovasi dari tahun ke tahun.

Yang mana dari tahun 2021 tercatat ada sebanyak 34 inovasi, tahun 2022 98 inovasi, tahun 2023 175 inovasi, dan di tahun 2024 ditargetkan sebanyak kurang lebih 200 inovasi.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment