Home Tabalong Hari Ini Sambut Jamaah Haul Guru Sekumpul Asal Kaltim & Kaltara, Warga Jaro Dirikan Rest Area

Sambut Jamaah Haul Guru Sekumpul Asal Kaltim & Kaltara, Warga Jaro Dirikan Rest Area

by Muhammad Rais
0 comment

Jelang Haul ke-19 Guru Sekumpul, remaja Mesjid Al Mujahidin Jaro bersama warga Jaro mendirikan rest area untuk jamaah Haul, khususnya yang berasal dari Kaltim dan Kaltara. Rest area akan buka selama 4 hari, dari pukul 8 hingga pukul 21.

Inilah rest area jamaah Haul ke-19 Guru Sekumpul yang berada di Simpang Empat Pasar Jaro, RT 5 Desa Jaro, Kecamatan Jaro. Rest area ini didirikan remaja Mesjid Al Mujahidin Jaro bersama warga Jaro pada Rabu, 10 Januari 2024.

Pada hari pertama berdirinya rest area Desa Jaro, panitia menyajikan jamuan berupa nasi sop, sate, dan nasi putih dengan lauk masak habang, mandai, serta nila goreng. Panitia juga menyediakan berbagai camilan seperti pop mie, roti bungkus, buah-buahan, dan minuman.

Selain itu, disamping area makan dan minum gratis, panitia menggelar tikar purun untuk jamaah Haul beristirahat santai, serta memberikan fasilitas pelayanan pijat gratis.

Ketua Pelaksana Rest Area Jaro, Supian Hadi, mengatakan rest area ini akan buka selama 4 hari, dari tanggal 10 sampai dengan 13 Januari 2024, atau H-1 pelaksanaan Haul Guru Sekumpul ke-19.

“Untuk penjagaan ini sudah kita minta perwakilan dari RT tetangga ini mengirim 5 orang per hari. Untuk jamnya dari jam 8 inshaallah sampai dengan jam 21 atau habis isya malam.” ujar Supian Hadi, Ketua Pelaksana Rest Area Jaro.

Baca Juga  Desa Juai Akan Jadi Kampung Pepaya di Tabalong

Sementara itu, Kepala Desa Jaro, Tugimin, mengapresiasi seluruh warga Jaro yang ikut berpartisipasi baik menyumbangkan dana, barang, dan tenaga secara sukarela. Ia berharap rest area ini menjaga keselamatan seluruh warga, khususnya jamaah Haul yang melakukan perjalanan dari provinsi tetangga, yakni Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

“Yang ingin ke Haul Guru Sekumpul ke-19 artinya yang jauh-jauh, yang capek, silakan istirahat ke rest area desa Jaro. Kami juga kan menyiapkan baik itu makan, minum, istirahat, bahkan pijat kita siapkan.” kata Tugimin, Kepala Desa Jaro.

Diketahui, peringatan Haul ke-19 Kiayi Haji Muhammad Zaini bin Abdul Ghani akan digelar untuk umum pada Minggu, 14 Januari 2024, di Musholla Arraudhah Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar. Apabila masyarakat berhalangan hadir pada tanggal tersebut, Haul serupa juga akan kembali digelar pada Minggu, 21 Januari 2024.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment