Home Tabalong Hari Ini Pengurus Poktan Senang Terima Bantuan Sapi

Pengurus Poktan Senang Terima Bantuan Sapi

by Muhammad Rais
0 comment

Sejumlah kelompok tani mengaku senang menerima bantuan pengadaan sapi dari pemerintah daerah. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kelompok Tani Sinar Bersama, di Desa Kampung Baru RT 2, Kecamatan Muaya, merupakan salah satu kelompok tani yang menerima bantuan sapi dari Disbunnak Tabalong pada Rabu, 23 Agustus 2023, di Pasar Hewan Jaro, Kecamatan Jaro.

Kelompok Tani Sinar Bersama menerima bantuan 20 ekor sapi, masing-masing 10 ekor sapi Bali betina dan jantan.

Ketua Kelompok Tani Sinar Bersama, Sucipto, mengaku senang dan bersyukur atas bantuan yang diberikan. Ini merupakan kali pertama bantuan diberikan kepada kelompok ini. Ia berharap sapi yang dikembangbiakkan secara komunal selama 3 tahun nanti dapat meningkatkan perekonomian anggota kelompok tani.

“Alhamdulillah persiapan kandang komunal sudah mencapai 90%, dapat dibilang 100% dah swadaya. (Berarti dari anggota kelompok tani pun siap pak lah?) inggih alhamdulillah siap,” ujar Sucipto, Ketua Kelompok Tani Sinar Bersama.

Bantuan sapi untuk pertama kalinya juga diterima oleh Kelompok Tani Sumber Rezeki, di Desa Masingai Satu RT 13, Kecamatan Upau. Kelompok ini menerima bantuan 15 ekor sapi, masing-masing 5 ekor sapi Bali betina dan jantan, serta sapi Madura betina.

Ketua Kelompok Tani Sumber Rezeki, Mispan, berharap pengembangbiakan sapi ini berjalan lancar sehingga dapat memenuhi kebutuhan daging di Tabalong.

Baca Juga  Sempat Naik, Kini Harga Bawang Merah Mulai Turun

“Harapannya kedepannya kami lebih enak ibaratnya memasok, membagi daging untuk wilayah Kabupaten Tabalong, kan ini kekurangan daging sapi. Jadi kalo ada dari pemerintah bisa membantu atau penggemukan, inikan nanti agak ringan usahanya pak,” ujar Mispan, Ketua Kelompok Tani Sumber Rezeki.

Total pengadaan bantuan sapi yang dialokasikan Disbunnak Tabalong melalui APBD Induk 2023 sebanyak 203 ekor, terdiri dari 50 ekor sapi Bali betina, 50 ekor sapi Madura betina, dan 103 ekor sapi Bali jantan.

Seratus ekor sapi betina disalurkan di Pasar Hewan Jaro ini, sedangkan 53 ekor sapi jantan sudah disalurkan terlebih dahulu, sementara sisanya 50 ekor sapi jantan dalam perjalanan ke Tabalong.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment