Home Hewan Warga Tabalong Rasakan Manfaat Lambaian Artis

Warga Tabalong Rasakan Manfaat Lambaian Artis

by tabalong hari ini
0 comment

Inovasi Lambaian Artis atau Layanan Mobil Keliling Kesehatan Hewan Gratis disambut baik sejumlah peternak yang ada di Kabupaten Tabalong. Pasalnya, inovasi ini dinilai sangat membantu masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan hewan.

Inovasi Lambaian Artis atau Layanan Mobil Keliling Kesehatan Hewan Gratis yang menyasar ke seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Tabalong mendapatkan tanggapan yang positif dari sejumlah peternak yang ada di Kabupaten Tabalong.

Seperti yang dirasakan oleh Ali, salah satu peternak itik yang berada di Desa Tantaringin, Kecamatan Muara Harus.

Ali mengaku, sebelum adanya Lambaian Artis yang dilakukan oleh Disbunnak Tabalong, itik yang ia pelihara seringkali mengalami kematian. Namun setelah adanya pemeriksaan secara rutin dan pemberian vaksinasi serta vitamin melalui Lambaian Artis, kasus serupa dapat diminimalkan.

“Manfaatnya sangat banyak karena tidak ada kematian setelah vaksin. Sebelumnya satu minggu ada satu ekor yang mati di bawah ni yang di tanah ada, yang bertelur tu ada yang mati rajin dalam satu minggu tuh. Nah, karena ada vaksin ini, tidak pernah lagi ada yang mati, jadi sangat berguna vaksin tu,” ujar Ali, pemilik ternak itik.

Hal serupa turut dirasakan Arifin, salah satu peternak sapi yang ada di Kelurahan Belimbing. Arifin mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan kesehatan dan konsultasi hewan gratis ini, sehingga mampu menekan pengeluaran perawatan ternak sapi.

Baca Juga  Dihadapan Menko PMK, Bupati Anang Paparkan Upaya Penanganan Stunting

“Kami merasa biaya agak kurang, jadi kan ada dari dinas kami dapat gratis layanan, terbantu lah,” kata Arifin, peternak sapi.

Para peternak ini pun berharap agar layanan mobil keliling kesehatan hewan gratis dapat terus berlanjut, sehingga kesehatan hewan ternak yang mereka miliki dapat terus terpantau.

Diketahui, Lambaian Artis merupakan salah satu inovasi yang dihadirkan Disbunnak Tabalong melalui bidang kesehatan hewan dan khususnya UPTD Puskeswan Tabalong.

Melalui inovasi ini, tim dari Disbunnak Tabalong memberikan berbagai macam pelayanan secara gratis, mulai dari pemeriksaan hewan, vaksinasi, pengobatan hewan, pemeriksaan kebuntingan, asistensi teknis reproduksi atau ATR, pencegahan penyakit, pemberian vitamin, dan pemberian obat cacing pada hewan.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment