Home Tabalong Hari Ini Pertama Kali Digelar, Pelatihan Konten Creator Dari Disnaker Tabalong Diikuti Puluhan Peserta

Pertama Kali Digelar, Pelatihan Konten Creator Dari Disnaker Tabalong Diikuti Puluhan Peserta

by Muhammad Rais
0 comment

Disnaker Tabalong bekerjasama dengan BPSDMP Kominfo Banjarmasin, menggelar pelatihan Content Creator. Diharapkan melalui pelatihan tersebut, para Content Creator Tabalong meningkatkan kompetensinya dan ikut berpartisipasi mempromosikan daerah.

50 Content Creator Tabalong mengikuti pelatihan yang difasilitasi Dinas Tenaga Kerja Tabalong, bekerjasama dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Banjarmasin. Pelatihan digelar dari tanggal 25 sampai dengan 26 Oktober 2023, di Aula Balai Latihan Kerja Tanjung, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Pelatihan ini digelar untuk mendukung kemajuan dan peluang kerja di Tabalong, karena keterampilan dalam pembuatan konten video dinilai meningkatkan peluang dalam dunia pekerjaan, bahkan menciptakan peluang usaha.

Kepala Disnaker Tabalong, Herwandi, mengatakan, mayoritas Content Creator Tabalong belajar secara otodidak melalui Google. Oleh karena itu, Disnaker memfasilitasi para Content Creator ini sebagai wadah pelatihan, dengan instruksi atau pengajar yang ahli di bidangnya.

“Pesan kami pertama, manfaatkan waktu yang pelatihan 2 hari ini untuk meningkatkan kompetensi masing-masing. Nah, kemudian selalu bijak dalam membuat konten, agar konten-konten kita itu paling tidak setiap konten yang kita berikan bermanfaat bagi orang lain. Jadi setelah kegiatan ini, mereka benar-benar professional melakukan kegiatan-kegiatan konten itu.” ujar Herwandi, Kepala Disnaker Tabalong.

Penanggung Jawab Digital Talent Scholarship BPSDMP Kominfo Banjarmasin, Badiuz Zaman, berharap para Content Creator yang dilatih tidak hanya meningkatkan kompetensinya, namun juga mampu mempromosikan daerahnya melalui konten-konten yang dibuat.

Baca Juga  Gandeng IPB, DPMD Akan Kembangkan Potensi Desa dengan Strategi Data Presisi

“Pelatihan ini diadakan untuk fokus utamanya, awalnya ke pariwisata. Biar Content Creator lokal bisa mengangkat pariwisata daerahnya masing-masing. Meskipun itu mungkin diluar pariwisata, apapun itu, di setiap daerah atau pemerintah kabupaten bisa semakin mempromosikan daerahnya.” kata Badiuz Zaman, Penanggung Jawab Digital Talent Scholarship BPSDMP Kominfo Banjarmasin.

Pelatihan Content Creator ini sepenuhnya dianggarkan Disnaker Tabalong, menggunakan APBD Perubahan Tahun 2023. Lalu dikerjasamakan dengan BPSDMP Kominfo Banjarmasin melalui salah satu program Digital Talent Scholarship, yakni Thematic Academy yang secara spesifik berupa pelatihan Content Creator.

Sistem pelatihan Content Creator dirancang oleh BPSDMP Kominfo Banjarmasin, mulai dari pendaftaran hingga pengajar yang sudah T-O-T atau Training of Trainer sesuai keahlian masing-masing. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan yang dibutuhkan seorang video Content Creator yang berkualitas. Pemateri pelatihan ialah Fajar Rizki Rahman, seorang Content Creator dan Digital Marketing di Banjarmasin.

Antusias pendaftar pelatihan mencapai ratusan orang, namun karena pelatihan dianggarkan menggunakan APBD daerah, maka dibatasi hanya untuk warga ber-KTP Tabalong. Berdasarkan filter awal tersebut, diperoleh 80 orang pendaftar, namun karena keterbatasan anggaran, Disnaker hanya mampu memfasilitasi pelatihan untuk 50 orang.

Melalui pelatihan ini, para Content Creator juga didorong untuk berkolaborasi satu sama lain, berbagi pengalaman, dan membangun jaringan yang kuat. Pasalnya, networking sangat penting dalam dunia konten digital.

Baca Juga  Jelang Penetapan Caleg Pemilu 2024, Usaha Percetakan Ramai Pesanan Baliho

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment