Home Editor's Picks Bawaslu Tegaskan Pantarlih Tak Terlibat Politik

Bawaslu Tegaskan Pantarlih Tak Terlibat Politik

by tabalong hari ini
0 comment

Upaya pengawasan dalam setiap tahapan Pemilu 2024 terus dilakukan Bawaslu Tabalong, seperti yang saat ini intens dilakukan Bawaslu dalam mengawasi rekrutmen panitia pemuktahiran data pemilih atau Pantarlih, yang tersebar di 121 desa dan 10 Kelurahan di Tabalong.

Bawaslu Tabalong intens lakukan pengawasan dalam tahapan rekrutmen panitia pemuktahiran data pemilih atau Pantarlih, yang tersebar di 121 desa dan 10 kelurahan di Tabalong. Bawaslu mengutus panitia pengawas kecamatan setempat, untuk dapat memantau tahapan rekrutmen Pantarlih yang dilaksanakan PPS desa maupun kelurahan.

Sebelumnya Bawaslu Tabalong juga mengirimkan imbauan rekrutmen pantarlih kepada KPU Tabalong, yakni melakukan pembentukan Pantarlih secara terbuka, sesuai jadwal berjumlah 1 orang per TPS, tidak terlibat Parpol, melengkapi dokumen yang berlaku, dan lain sebagainya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ketua Bawaslu Tabalong, Hirsan mengapresiasi rekrutmen Pantarlih yang semakin baik setiap tahunnya. Namun dari berbagai syarat rekrutmen Pantarlih, pihaknya menekankan, agar calon Pantarlih tidak terlibat dalam partai politik atau sejenisnya.

“Memang harapan kami jangan sampai Pantarlih ini di manfaatkan oleh orang, benar-benar netral makanya dari awal sudah ulun sampaikan kepada teman-teman di Kecamatan tolong lihati siapa orangnya jangan sampai orang yang dipilih oleh teman-teman KPU nanti ada kepentingan,” pesannya.

Baca Juga  FKUB Ajak Tokoh Agama Sukseskan Pemilu 14 Februari 2024

Hirsan menambahkan, rekrutmen Pantarlih menjadi perhatian penting Bawaslu Tabalong, pasalnya Pantarlih merupakan sektor utama dalam pembentukan daftar pemilih nantinya, serta acuan awal dalam pembentukan TPS khusus selain dari TPS yang telah di siapkan.

Gazali Rahman, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment