Home Hewan Layanan Kesehatan Hewan Gratis Melalui Inovasi “Lambaian Artis”

Layanan Kesehatan Hewan Gratis Melalui Inovasi “Lambaian Artis”

by tabalong hari ini
0 comment

Sebagai upaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong menghadirkan inovasi Lambaian Artis atau Layanan Mobil Keliling Kesehatan Hewan Gratis.

Melalui bidang kesehatan hewan dan khususnya Kesmavet, layanan jemput bola melalui Lambaian Artis menyasar sejumlah wilayah di Kabupaten Tabalong, yaitu di Kecamatan Tanjung, Murung Pudak, Muara Harus, dan Pugaan pada Rabu, 22 Mei 2023.

Melalui inovasi ini, tim dari Disbunnak Tabalong memberikan berbagai macam pelayanan secara gratis, mulai dari pemeriksaan hewan, vaksinasi, pengobatan hewan, pemeriksaan kebuntingan, asistensi teknis reproduksi atau ATR, pencegahan penyakit, pemberian vitamin, dan pemberian obat cacing pada hewan.

Medik Veteriner UPTD Puskeswan Disbunnak Tabalong, drh. Mega Indah Suryani, mengatakan bahwa inovasi Lambaian Artis sangat mempermudah pihaknya dalam memberikan pelayanan yang maksimal ke seluruh wilayah Tabalong. Pasalnya, dengan adanya inovasi ini, pihaknya dapat membawa berbagai jenis obat-obatan dengan aman dan terlindungi dengan baik.

“Mempermudah kami, mempermudah UPT, mempermudah dinas untuk melakukan pelayanan terhadap peternak-peternak yang sulit dijangkau. Contohnya seperti desa-desa terpencil. Jika kita membawa sebuah box besar dengan membawa kendaraan, itu sangat sulit, jadi diharapkan dengan mobil ini mempermudah kami dalam melakukan pelayanan,” ujar drh. Mega Indah Suryani, Medik Veteriner UPTD Puskeswan.

Baca Juga  Hasil Rapat Pleno, Partai Nasdem Peroleh 6 Kursi DPRD Tabalong

Dengan inovasi Lambaian Artis ini sendiri, pihak Disbunnak Tabalong rutin melakukan kegiatan vaksinasi terhadap hewan ternak sapi setiap 6 bulan sekali.

Sementara untuk hewan unggas, dilakukan vaksinasi setiap ada kedatangan unggas baru dari luar Kabupaten Tabalong.

Disamping itu, masyarakat juga dapat menikmati layanan ini jika ada hewan ternak yang sakit atau membutuhkan pemeriksaan dengan cepat, yaitu dengan menghubungi pihak petugas Disbunnak Tabalong.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment