Sat Binmas Polres Tabalong Ingatkan Pemudik Pastikan Kendaraan dan Kondisi Fisik Fit

by tabalong hari ini
0 comment

Kapolres Tabalong melalui Kasat Binmas Polres Tabalong IPTU Samsu Suargana mengingatkan masyarakat yang akan pulang kampung untuk memastikan kondisi kendaraan dan kondisi fisik sebelum berkendara.

Hal tersebut disampaikan Kasat Binmas Polres Tabalong AKP Samsu Suargana saat menyambangi masyarakat di tempat keramaian, di salah satu cafe yang ada di Murung Pudak.

Samsu menyampaikan, bagi masyarakat yang akan mudik atau pulang ke kampung halaman, perlu memperhatikan sejumlah hal, di antaranya memastikan kondisi kendaraan yang digunakan masih layak jalan dengan melakukan pengecekan peralatan rem, stir, oli, wiper kaca, ban kendaraan, dan peralatan pendukungnya.

Kemudian perhatikan agar kelengkapan pribadi seperti SIM, STNK, TNKB, KTP, dan kelengkapan lainnya disiapkan dan dibawa selama perjalanan. Ingatkan pengemudi untuk istirahat sejenak apabila mengantuk di rest area maupun di tempat-tempat yang cocok untuk beristirahat.

Pastikan juga sebelum meninggalkan rumah, agar memperhatikan kondisi lingkungan, dan sebelum bepergian sebaiknya melapor kepada ketua RT maupun tetangga yang tidak mudik.

“Kemudian secara manusianya betul-betul menguasai didalam mengendarakan kendaraannya, kalau mungkin istilahnya ngantuk, istirahatlah yang betul, kemudian mengemudikan kendaraan roda 4 ataupun roda 2 betul betul fit, tidak ada gangguan, karena untuk menghindari hal hal yang tidak kita inginkan, sehingga silaturahmi yang kita jalankan betul betul membawa berkah” ujar AKP Samsu Suargana.

Bagi masyarakat yang ingin melaksanakan perjalanan mudik, juga perlu untuk memperhitungkan waktu keberangkatan, dimana biasanya H-7 maupun H+7, volume kendaraan akan meningkat, dan dipastikan arus lalu lintas akan semakin padat.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment