Home Tabalong Hari Ini 13 Proyek Pembangunan Desa di Kecamatan Haruai Diresmikan

13 Proyek Pembangunan Desa di Kecamatan Haruai Diresmikan

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong meresmikan 13 proyek pembangunan desa di Kecamatan Haruai pada Kamis, 1 Februari 2024. Hadirnya pembangunan di desa diharapkan sejalan dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Peresmian 13 proyek pembangunan yang dibiayai melalui Dana Desa tahun 2023 dilakukan secara simbolis oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, di Kantor Desa Bongkang, Kecamatan Haruai.

Adapun 13 proyek tersebut meliputi Kantor Desa Bongkang, Kantor Desa Surian, Kantor Desa Nawin, Aula Kantor Desa Mahe, Aula Kantor Desa Marindi, Gedung Perpustakaan Desa Kembang Kuning, Bumdesmart Usaha Bersama Desa Suput, Taman Pendidikan Al-Quran Darul Iqamah Desa Lok Batu, Jalan Usaha Tani di Desa Wirang, Lapangan Futsal dan Voli di Desa Catur Karya, Tempat Pembuangan Sampah di Desa Hayup, Embung Desa RT 5 di Desa Seradang, serta Pasar Wirang Kecamatan Haruai.

Camat Haruai, Handi Yanuardi, dalam laporannya menyampaikan bahwa tingginya intensitas program pembangunan di desa merupakan imbas dari meningkatnya Dana Desa dari tahun ke tahun. Hal itu, menurutnya, juga tidak lepas dari adanya perhatian dan kebijakan Bupati Tabalong.

“Jadi alhamdulillah pak ada 3 kantor desa yang selesai ditahun ini, diperubahan tadi ditambah oleh pak bupati jadi rata-rata desa 340 paling sedikit bahkan sampai 500 juta untuk perubahan tahun 2023 kemarin, dan tahun ini alhamdulillah dana desa melalui APBD itu juga naik drastis dibanding tahun 2023 kemarin alhamdulillah berkat kebijakan dan kerja keras bupati, tahun ini kita paling sedikit dapat tambahan 300 ada yang sampai 600 juta.” ujar Handi Yanuardi, Camat Haruai.

Baca Juga  Pemkab Ajak Masyarakat Terlibat dalam Proses Penetapan DPS Menjadi DPT

Sementara itu, seiring dengan meningkatnya pembangunan infrastruktur di desa-desa yang ada di Haruai, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dalam sambutannya mendorong agar pemerintah desa mampu mewujudkan pemerintahan yang melayani masyarakat.

“Kecamatan Haruai ini jumlah desanya 13 dari sisi penyelenggaraan pemerintahan infrastrukturnya sudah siap, tinggal pelayanan terpadu, ini sudah bagus ada loket, jadi kaina kalau warga berurusan itu pak kades tidak perlu lagi ke ruangan, disitu aja. Dengan cara seperti itu kita ingin mewujudkan pemerintahan yang melayani masyarakat.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Bupati Anang menambahkan bahwa seiring dengan kemampuan fiskal daerah yang terus membaik, maka pembangunan di desa-desa akan terus meningkat. Hal ini juga diharapkan berimbas pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment