Home Tabalong Hari Ini 78 Warga Upau Ikuti Pemasangan Implan Gratis

78 Warga Upau Ikuti Pemasangan Implan Gratis

by Muhammad Rais
0 comment

BKKBN Kalsel bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Tabalong menggelar pelayanan pemasangan implan gratis bagi masyarakat Kecamatan Upau. Selama dua hari pelaksanaan, layanan ini menyasar puluhan akseptor.

Berikut adalah momen saat puluhan ibu rumah tangga di Desa Masingai II, Kecamatan Upau, mengikuti pelayanan pemasangan implan gratis di Balai Penyuluhan KB Desa Masingai Dua.

Digelar sejak Rabu, 31 Januari hingga Kamis, 1 Februari 2024, layanan KB yang masuk dalam metode kontrasepsi jangka panjang atau MKJP ini mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat. Bahkan, tingginya antusiasme masyarakat membuat jumlah akseptor yang terlayani melebihi target yang direncanakan.

Dari target 60 akseptor, pelayanan pemasangan implan gratis ini diikuti oleh 78 akseptor. Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi, yang diwawancara di ruang kerjanya, menyatakan bahwa tingginya antusiasme masyarakat tidak lepas dari semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk menggunakan KB MKJP.

“Yang ingin melakukan pelayanan pada hari ini kita berharap dapat menjadikan contoh kepada masyarakat akseptor lain, yang tadinya memakai alat KB jangka pendek seperti pil, suntik, dan lain sebagainya, ini beralih kepada MKJP yaitu dengan pemasangan implant atau pun IUD.” ujar Rusmadi, Kepala DP3AP2KB.

Rusmadi menambahkan bahwa program pelayanan pemasangan implan gratis ini rencananya akan terus dilanjutkan dengan menyasar akseptor di seluruh kecamatan di Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Direktur Kearsipan Daerah I ANRI Harap Pengawasan Kearsipan Tabalong Makin Baik

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment