JOTA-JOTI Pramuka Jadi Momentum Tingkatkan Pengetahuan

by tabalong hari ini
0 comment

Jambore on the air nasional ke 85 dan jambore on the internet nasional ke 43 kembali digelar. Kwartir cabang gerakan pramuka Kabupaten Tabalong, Menggelar kegiatan jota-joti ini di Taman Burung Hutan Kota Tabalong, dari 14 hingga 16 Oktober 2022.

Kegiatan ini diikuti 40 peserta penegak dan pandega utusan kwartir ranting se Tabalong. Berbeda dari biasanya, kegiatan jota-joti ini dikemas dengan kegiatan berkemah, sehingga pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dari siang hingga malam hari. Kegiatan ini turut didukung Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI) Tabalong, serta Dinas Komunikasi dan Informatika Tabalong.

Ketua Harian Kwarcab Tabalong, Yuhani, dalam sambutannya menyampaikan agar kegiatan jota-joti ini menjadi momen untuk menempa diri, dengan sebaik baiknya, guna memperluas wawasan, menambah ilmu pengetahuan sekaligus sebagai wahana untuk menimba pengalaman.

“Berkenaan dengan dilaksanakan jota-joti ini saya berharap menjadi momentum untuk menempa diri dengan sebaik baiknya, guna memperluas wawasan, menambah ilmu pengetahuan sekaligus sebagai wahana untuk menimba pengalaman, tidak hanya bagi adik adik pramuka saja, melainkan juga untuk pembina dan penyelenggara juga, sehingga ke depan kegiatan seperti ini semakin baik dan terus berkembang setiap tahunnya, juga melalui kegiatan ini juga mempu melahirkan generasi yang akan menjadi sosok -sosok calon pemimpin masa depan yang profesional, berkualitas, memiliki kematangan dan kedewasaan yang baik dalam berfikir maupun bertindak” tuturnya.

Selama pelaksanaan kegiatan ini, para peserta diberikan materi berupa kegiatan praktek komunikasi melalui radio amatir maupun internet dengan menggunakan sandi alphabet. Sehingga para peserta bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan peserta dari daerah lain, bahkan bisa melakukan komunikasi dengan peserta dari luar negeri.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment