Home Tabalong Hari Ini IDM Tabalong Peringkat 1 Se-Kalsel, 41 Desa di Tabalong Masuk Kategori Mandiri

IDM Tabalong Peringkat 1 Se-Kalsel, 41 Desa di Tabalong Masuk Kategori Mandiri

by Muhammad Rais
0 comment

Jumlah desa mandiri di Tabalong meningkat drastis pada tahun ini. Selain itu, status desa tertinggal di Tabalong sudah dinyatakan tidak ada lagi. Hal ini berdasarkan Indeks Desa Membangun yang diraih Pemkab Tabalong dan dirilis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Dari 121 desa yang tersebar di 12 kecamatan se-Tabalong, 41 desa di antaranya mendapatkan predikat desa mandiri. Desa maju sebanyak 72 desa, dan desa berkembang 8 desa. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tabalong, Erwan Mardani, saat expose hasil pemutakhiran Indeks Desa Membangun IDM pada Kamis, 19 Oktober 2023, di Balai Informasi.

Tabalong berhasil mencapai angka 0,788 dengan kategori maju untuk pemerintahan desa di tahun 2023. Angka ini menjadikan Kabupaten Tabalong sebagai kabupaten dengan peringkat IDM pertama di Kalimantan Selatan.

Erwan Mardani menjelaskan bahwa sejak tahun 2017 lalu, kepala daerah, dalam hal ini bupati, bersama camat dan kepala desa, berkomitmen meningkatkan IDM di desa. Sehingga kini berhasil meningkatkan status desa.

“Indeks desa membangun juga bertujuan untuk menetapkan status kemajuan dan kemandirian desa serta menyediakan data dan informasi bagi pembangunan desa untuk mewujudkan sebuah pembangunan berkelanjutan, terukur, dan terarah,” kata Erwan Mardani, Kepala DPMD Tabalong.

Sementara itu, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, yang turut hadir pada kegiatan ini, mengapresiasi komitmen para camat dan kepala desa yang memberikan upaya dan dorongan untuk terus meningkatkan status desa. Ia juga meminta desa yang dapat mempertahankan status desa mandiri untuk diberikan insentif melalui dana desa.

Baca Juga  Tingkatkan Kualitas Pendidikan di STIT SMN Tabalong, Ini Langkah Pengelola…

“Jadi sebagian dana desa itu, kita ambil sekian persen kita jadikan sebagai dana insentif desa sebagai reward bagi desa yang punya prestasi, termasuk dapat mempertahankan statusnya sebagai desa mandiri. Nah, dengan cara seperti itu ada motivasi yang kuat, ada keinginan yang kuat bagi desa-desa untuk mempertahankan statusnya sebagai desa mandiri,” kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menyerahkan piagam penghargaan kepada desa-desa berprestasi serta desa yang telah mencapai predikat desa mandiri.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment