Home Tabalong Hari IniEkonomi Pastikan Ketersediaan Telur Ayam, TPID Tabalong Pantau Peternak Ayam Petelur

Pastikan Ketersediaan Telur Ayam, TPID Tabalong Pantau Peternak Ayam Petelur

by tabalong hari ini
0 comment

Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah, Tim Pengendali Inflasi Daerah TPID Tabalong memantau ketersediaan dan produksi telur ayam ras lokal di tingkat peternak. Peninjauan dilakukan guna memastikan kendala yang dihadapi peternak sehingga berdampak pada tingginya harga telur dipasaran.

Peninjauan dilakukan TPID Tabalong yang dipimpin langsung Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Norzain A Yani, bersama tim Satgas Pangan Polres Tabalong pada Selasa, 13 Juni 2023, di peternakan ayam petelur ras Yazid Bersaudara Farm, Kelurahan Jangkung, Kecamatan Tanjung.

Dalam tinjauan ini diketahui, tingginya harga telur sebagian besar disebabkan adanya kenaikan harga pakan ayam yang cukup signifikan, sehingga peternak turut menaikkan harga jual di kandang.

Manager Yazid Bersaudara Farm mengungkapkan bahwa meski terjadi kenaikan, namun ia memastikan stok telur ayam ras yang diproduksi masih tergolong aman mengingat dari 10 ribu ayam petelur yang ada mampu menghasilkan hingga 8.400 butir telur sehari.

“(Sejauh ini terkait ketersediaan aman saja Pak sampai dengan Idul Adha nanti Pak?) Untuk sementara aman saja Pak, jadi mungkin sehari kita menghasilkan 28 ikat, 1 ikatnya sekitar 300 butir,” ujar Ichsan Agus, Manager Yazid Bersaudara Farm

Menyikapi hal tersebut, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Norzain A Yani, langsung menginstruksikan SKPD terkait untuk meningkatkan produksi tanaman jagung kering di Tabalong. Pasalnya, dengan upaya tersebut diharapkan peternak ayam petelur mampu menghasilkan pakan ayam secara mandiri.

Baca Juga  Nan Sarunai Tabalong Festival Tampilkan Beragam Seni Budaya Nusantara

“Ya kita berupaya dari sisi pakan misalnya ya, kita menggenjot dari sisi produksi pakan khususnya seperti jagung misalnya jadi kita minta kawan-kawan di Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura agar lebih menggiatkan lagi untuk tanaman jagung sehingga untuk kebutuhan pakan ternak ini bisa terbantu,” ujar Norzain A Yani, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong

Norzain berharap para pemilik usaha ayam petelur lokal terus berproduksi di Kabupaten Tabalong guna mendukung ketahanan pangan. Selain itu, ia menilai hadirnya produsen telur ayam di Tabalong juga dapat mengurangi ketergantungan produk telur ayam dari luar Kalimantan.

Diketahui, harga telur ayam ras dikandang saat ini berada di angka 29.300 rupiah per kilogram. Harga tersebut mengalami kenaikan dibanding harga normalnya yang berkisar di harga 27.000 rupiah per kilogram. Sedangkan harga jual telur ayam ras dipasaran masih bertahan di harga 31.500 rupiah per kilogram.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

 

Related Articles

Leave a Comment