Diskominfo Tabalong Pelihara Repeater Internet di Desa Panaan

by tabalong hari ini
0 comment

Dalam rangka memaksimalkan layanan akses internet di wilayah desa terpencil di Kecamatan Bintang Ara, Diskominfo Tabalong lakukan pemeliharaan sejumlah perangkat di tower repeater Desa Panaan, Sabtu 14 Januari 2023.

Pemeliharaan jaringan internet di tower repeater setinggi 46 meter yang ada di salah satu puncak gunung di Desa Panaan Kecamatan Bintang Ara dilakukan tim Dinas Komunikasi dan Informatika Tabalong.

Pemeliharaan tower dan perangkatnya yang terpasang 1 tahun lalu , dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan internet yang di cover tower tersebut yakni Desa Dambung Raya , Hegarmanah, dan Panaan di Kecamatan Bintang Ara , serta Desa Sungai Kumap dan Desa Salikung Kecamatan Muara Uya .

Fungsional Pranata Komputer Diskominfo Tabalong, Muhammad Zainaini, mengatakan dengan adanya pemeliharaan tersebut, diharapkan kualitas internet dengan bandwith 50 mbps yang dikirimkan dari data center Diskominfo di Tanjung dapat semakin maksimal diterima masyarakat setempat, mengingat wilayah tersebut merupakan areal blank spot. 

“Ini adalah kegiatan pemeliharaan kita terhadap tower repeater internet yang kita sediakan bagi desa-desa di pegunungan di bintang ara ini. Untuk kapasitasnya kita sediakan 50 Mbps untuk tower ini bisa dinikmati oleh desa desa di sekitar sini di bagi-bagi.” Terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Panaan, Fauzi mengaku senang dengan dilakukannya pemeliharaan ini, pasalnya jaringan internet tersebut dinilai sangat membantu pemerintahan desa, sekolah hingga masyarakat.

 “Alhamdulillah telah diperbaiki oleh Dinas Kominfo menjadi lebih lancer lah kegiatan menginput laporan siskuedes untuk Tahun 2023, jadi kami tu kada turun lagi lah ke Tanjung, jadi kawa aja di rumah di kampung untuk melakukan pelaporan siskuedes.” ungkapnya.

Fauzi juga berharap , pelayanan internet di desa terpencil terus ditingkatkan , terlebih saat ini jaringan internet yang tersedia hanya mampu aktif selama 17 jam mulai pukul 6.30 hingga 11 malam , lantaran masih memanfaatkan sumber listrik terbatas dari tenaga surya.

Dano Nafarin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment