Home Tabalong Hari Ini IDM Tabalong Terbaik di Kalsel

IDM Tabalong Terbaik di Kalsel

by Muhammad Rais
0 comment

Indeks Desa Membangun Kabupaten Tabalong terbaik se-Kalimantan Selatan. Capaian ini tidak lepas dari tuntasnya status desa tertinggal di Tabalong.

Indeks Desa Membangun Kabupaten Tabalong pada tahun 2023 berada di peringkat 1 se-Kalsel dan peringkat 69 dari 434 kabupaten/kota se-Indonesia.

IDM tersebut didukung dengan ditetapkannya 41 desa mandiri, 72 desa maju, dan 8 desa berkembang se-Tabalong.

Capaian tersebut membuat Kabupaten Tabalong mendapat predikat sebagai kabupaten maju dengan skor 0,7877.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Tabalong, Erwan Mardani, saat ditemui belum lama tadi, mengungkapkan atas capaian tersebut pula Pemerintah Kabupaten Tabalong berhasil menerima penghargaan dari Gubernur Kalimantan Selatan saat puncak Hari Jadi ke-73 Kalimantan Selatan beberapa waktu tadi.

“Kita patut bersyukur karena Kabupaten Tabalong satu-satunya kabupaten yang mendapatkan penghargaan dari Gubernur Kalimantan Selatan untuk capaian Indeks Desa Membangun. Indeks Desa Membangun ini terkait dengan desa mandiri yang ada 41 desa, dari semula satu desa naik menjadi 13 desa, nah Alhamdulillah ditahun 2023 ini menjadi 41 desa yang mandiri,” ujar Erwan Mardani, Kepala DPMD Tabalong.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Tabalong, Aidy Risyawal, menuturkan IDM merupakan salah satu penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Desa yang berkaitan dengan tingkat perkembangan desa, dengan tiga indikator penilaian yaitu indeks ketahanan sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Baca Juga  Pusat Kuliner Mabuun Makin Diminati

Sedangkan penetapan status desa dilakukan melalui pengisian kuesioner yang disusun Kementerian Desa guna mendapatkan sejumlah rekomendasi.

“Yang pertama yaitu kita berkoordinasi secara intens dengan pendamping desa itu yang pertama, kemudian yang kedua kita melakukan monitoring dan evaluasi terhadap poin-poin rekomendasi yang dikeluarkan bahwa kita ingin menaikkan status desa tersebut, berarti indikator-indikator kekurangan tadi harus kita perbaiki,” ujar Aidy Risyawal, Kabid Pemerintahan Desa DPMD Tabalong.

Aidy Risyawal menambahkan bahwa status desa ini juga akan mempengaruhi dana desa yang disalurkan pemerintah setiap tahunnya.

Pada tahun 2023 ini, Kabupaten Tabalong berhasil menuntaskan desa tertinggal yang pada tahun 2022 lalu masih tersisa dua desa, yaitu Desa Salikung dan Desa Dambung Raya.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment