Home Tabalong Hari IniKesehatan Dokter Spesialis Kejiwaan : Puasa Bantu Redam Stres

Dokter Spesialis Kejiwaan : Puasa Bantu Redam Stres

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Tidak hanya sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta, kegiatan berpuasa yang dijalankan umat muslim selama bulan ramadhan ternyata mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, namun berpuasa juga dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan mental.

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, Tri Anny Rakhmawati menjelaskan, puasa mampu meredamkan stres dikarenakan selama berpuasa tubuh kekurangan asupan karbohidrat untuk menghasilkan energi. Dengan berkurangnya karbohidrat, tubuh dapat mengambil cadangan karbohidrat dengan menstimulasi pembentukan sel-sel baru. Jika pembentukan sel baru terjadi di otak maka dapat meningkatkan kinerja otak untuk lebih tenang selama berpuasa, sehingga dalam menjalankan ibadah selama puasa dapat lebih fokus.

‚Äúdengan berpuasa kita mungkin memilih lebih khusyuk beribadah. Nah adanya fokus ke ibadah ini menimbulkan rasa tenang, meningkatkan hormon kebahagiaan, jadi cemas bisa berkurang dan depresi pun bisa berkurang” jelas dr. Tri Anny Rakhmawati

Selain itu menurut berbagai penelitian medis, dengan berpuasa dapat membantu meningkatkan pengendalian diri dan juga mendukung manajemen amarah pada orang yang cenderung mudah marah. Sehingga dapat membantu untuk mengatasi stres dalam menjalani kehidupan sehari-hari. (Nova Arianti).

Baca Juga  Fatwa MUI Vaksin Tidak Batalkan Puasa, Satgas Gencarkan Vaksinasi

Related Articles

Leave a Comment