Home Tabalong Hari Ini Dampak Kabut Asap, Permintaan Obat Batuk di Tabalong Meningkat

Dampak Kabut Asap, Permintaan Obat Batuk di Tabalong Meningkat

by Muhammad Rais
0 comment

Permintaan obat untuk kasus Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di sejumlah apotek di Tabalong meningkat selama sepekan terakhir. Hal ini terjadi menyusul menurunnya kualitas udara akibat kabut asap di Tabalong dalam beberapa waktu terakhir.

Kabut asap di Kabupaten Tabalong terus memberikan dampak negatif terhadap kesehatan. Hingga minggu ke-38 bulan Oktober, Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong mencatat sebanyak 389 kasus ISPA. Angka ini belum termasuk masyarakat yang lebih memilih hanya membeli obat ke apotek-apotek terdekat.

Hal ini pun menyebabkan permintaan obat-obatan untuk ISPA di sejumlah apotek meningkat. Salah satunya adalah di Apotek Restu yang berada di Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Asisten Apoteker Apotek Restu, Fitriyana, mengakui bahwa permintaan obat-obatan ISPA telah terjadi sejak beberapa hari yang lalu. Bahkan peningkatan permintaan obat ISPA mencapai 2 kali lipat dari biasanya.

“Semenjak adanya kabut asap di Kabupaten Tabalong, memang terjadi peningkatan di masyarakat untuk mencari obat batuk, saluran pernafasan, dan gangguan pencernaan.” kata Fitriyana, Asisten Apoteker Apotek Restu.

Hal serupa juga turut diakui oleh Apoteker Penanggung Jawab Apotek Mulia Farma, Kelurahan Sulingan, Kecamatan Murung Pudak, Raudhatul Islamiyah. Menurutnya, sejak beberapa hari terakhir, permintaan obat batuk, flu, dan pilek meningkat.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Tabalong, Setyawan Andri Wibowo, mengakui bahwa permintaan obat-obatan ISPA dari apotek di kabupaten tersebut memang meningkat sejak tiga minggu yang lalu.

Baca Juga  Ngabuburit Sambil Memotret Masyarakat yang Berolahraga

“Kalau yang kita mas, dari 2 hingga 3 minggu ini, seminggu terakhir ini aja ya yang lumayan banyak dicari antara obat-obat, ada masker. Rata-rata kalau asap ini kan biasanya ISPA, saluran nafas biasanya ada obat-obat batuk seperti itu biasanya, terus ada juga obat yang biasanya kami kalau di apotek itu kita jelaskan dia batuk berdahak atau batuk kering, karena fungsinya berbeda.” kata Setyawan Andri Wibowo, Ketua PC IAI Kab. Tabalong.

Setyawan Andri Wibowo berharap bahwa kabut asap yang terjadi di berbagai wilayah di Kalimantan Selatan, khususnya di Kabupaten Tabalong, segera berakhir. Selain itu, ia juga mendorong masyarakat untuk selalu menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan dan terus menjaga kesehatan agar tidak terserang penyakit akibat kabut asap.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment