Pasar Budaya Rancah Mampulang Kembali Digelar

by tabalong hari ini
0 comment

Pasar Budaya Rancah Mampulang yang terletak di Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, merupakan pagelaran budaya yang menampilkan berbagai kearifan lokal yang ada di Kabupaten Balangan. Mulai dari penampilan berbagai tari tradisional, makanan tradisonal, hasil UMKM,  hingga permainan tradisional.

Kegiatan Pasar Budaya Rancah Mampulang merupakan binaan dari PT. Adaro Indonesia. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk melestarikan dan mepromosikan kekayaan budaya yang ada di Kabupaten Balangan, khusunya di Desa Balida.

Kepala Desa Balida, Syahridin mengatakan, pagelaran Pasar Budaya sangat berdampak positif kepada warga sekitar. Pasalnya kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, dengan mengandalkan kerajinan, bakat, maupun skill yang mereka miliki.

“Dengan adanya kegiatan ini Alhamdulillah sudah bisa membudayakan masyarakat lokal khususnya Desa Balida. Yaitu bisa yang mana ada UMKM dan juga kerajinan maupun  keterampilan kuliner tradisonal itu bisa ikut berjualan disini dan juga yang mana ada bakat seni bisa ikut tampil disini dan juga para pekerja bisa menyerap tukang pekerja di perbaikan dan pembangunan di wisata budaya ini,” tuturnya.

Pembangunan dan pengembangan pasar budaya sendiri menggunakan dana tanggung jawab sosial atau CSR PT Adaro Indonesia. Kegiatan inj juga merupakan bagian dari program mamanda atau masyarakat maju dan berjaya. Sejak Tahun 2018, Adaro telah melatih pengurus Bumdes untuk memetakan dan mengembangkan potensi yang ada di Desa Balida.

Dari binaan yang telah dilakukan, terbukti hingga saat ini, Desa Balida yang sebelumnya kategori desa berkembang, telah berubah menjadi desa dengan kategori maju pada Tahun 2022 dari Kementrian Desa RI. Selain itu, desa balida juga dinobatkan sebagai desa brilian dari Bank BRI Tahun 2022.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment