Home Editor's Picks Cegah Stunting Dengan Konsumsi Protein Hewani

Cegah Stunting Dengan Konsumsi Protein Hewani

by tabalong hari ini
0 comment

DPC Persatuan Ahli Gizi Indonesia Kabupaten Tabalong terus galakkan pencegahan stunting pada anak dengan protein hewani. Untuk itu, DPC Persagi Tabalong melakukan konsultasi gizi gratis dan melakukan demo menu masakan empat bintang kepada para orang tua.

Dalam memperingati Hari Gizi Nasional ke 63, DPC Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kabupaten Tabalong, menggelar konsultasi gizi gratis, pada Minggu 29 Januari 2023, di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan.

Kegiatan ini diberikan kepada para ibu hamil, ibu menyusui serta para orang tua yang mempunyai balita, yang berada di sekitaran area pendopo. Melalui kegiatan ini, DPC Persagi Tabalong memperkenalkan pencegahan stunting dengan protein hewani kepada masyarakat, salah satunya yakni telur rebus, pasalnya telur merupakan sumber protein hewani yang baik bagi anak karena daya serap nya yang tinggi.

Selain kegiatan konsultasi gizi gratis, DPC Persagi Tabalong juga mendemokan menu makanan MP ASI empat bintang yang bersumber dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayuran. Bahannya juga merupakan bahan lokal yang bisa didapat dari rumahan, untuk tumbuh kembang anak usia enam bulan sampai satu tahun.

Ketua DPC Persagi Tabalong, Arafah mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, para orang tua dapat memahami dan mengetahui menu makanan terbaik untuk mencegah stunting pada anak.

Baca Juga  Puncak Peringatan Hut TNI Ke 77 di Provinsi Kalsel

“Insha’Allah ke depan nya kami berusaha walaupun stunting ini sudah menurun atau sudah mulai ini masih kita usahakan melaksanakan, khususnya di Kabupaten Tabalong ini untuk pencegahan terjadinya meningkatnya stunting jadi usaha kami untuk supaya masyarakat dengan adanya demo tadi masyarakat mengetahui dan mengerti tentang gizi seimbang” katanya.

Adanya kegiatan yang dilakukan DPC Persagi Tabalong ini, mendapat apresiasi dari Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, yang turut melihat pembuatan menu makanan MP ASI empat bintang. Bupati Anang mengatakan peningkatan gizi pada anak di Tabalong harus terus ditingkatkan, untuk mewujudkan anak Tabalong yang cerdas.

“Kenapa kita orang Tabalong ini anak-anak kita harus bergizi karena kita berada di depan sekarang kalau dulu kita di belakang kalau sekarang di depan, orang mulai mengenal Tabalong karena paling dekat dengan ibu kota nusantara. Oleh sebab itu tanpa memilah-milih siapa pian dari mana pian siapapun sekarang yang tinggal di Tabalong itu adalah orang Tabalong dan wajib hukum nya pemerintah daerah Dinas Kesehatan, teman-teman puskesmas memberikan perhatian agar dari waktu ke waktu ada peningkatan gizi anak-anak kita” ujar Bupati Anang.

Bupati Anang mengharapkan adanya inovasi yang dapat terus diberikan DPC Persagi Tabalong kepada masyarakat, agar dapat meningkatkan gizi anak, sehingga dapat terus menekan kasus stunting di Tabalong.

Baca Juga  Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Gelar Sosialisasi Dapil dan Alokasi Kursi

Nova Arianti, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment