Home Editor's Picks 4 Jamaah Haji Lansia Asal Tabalong Pastikan Berangkat Haji Tahun Ini

4 Jamaah Haji Lansia Asal Tabalong Pastikan Berangkat Haji Tahun Ini

by tabalong hari ini
0 comment

Jelang keberangkatan Haji 2023, kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong belum menerima kebijakan terkait pendampingan khusus untuk Jamaah Haji Lansia. Ini menyusul masuknya sejumlah Lansia dalam kuota keberangkatan Haji Tabalong.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Tabalong Sahidul Bakhri usai kegiatan manasik massal di Islamic Center Maburai, Kecamatan Murung Pudak, Kamis, 4 Mei 2023.

Sahidul menjelaskan, dari 417 Jamaah Haji asal Kabupaten Tabalong, sebanyak 12 orang diantaranya merupakan Jamaah Haji Lansia yang masuk dalam kuota Haji prioritas, yang mana di antara jumlah Jamaah Haji Lansia tersebut, 4 orang diantaranya telah melunasi dan memastikan keberangkatannya.

Lebih lanjut Sahidul menjelaskan, meski ada Jamaah Haji Lansia, namun hingga saat ini pihaknya masih belum mendapatkan kebijakan untuk pendampingan khusus bagi Jamaah Lansia tersebut. Hal ini juga menjadi alasan sejumlah Jamaah Haji Lansia menunda keberangkatannya.

“Jadi kan sampai saat ini belum ada pendampingan. Kita kan Tabalong ada dapat untuk lansia itu panggilan sebanyak 12 orang. Tapi yang melunasi hanya 4 orang. Dengan alasan karena di antara mereka tidak ada pendamping. Dulu kan ada pendampingan, nah sekarang ini kan tidak ada kuota pendampingan. Entahlah nanti sampai tanggal 5 besok terakhir pelunasan, kalau memang ada pendampingan nantinya akan kita tarik nanti siapa-siapa 4 orang yang bisa mendampingi mereka yang mereka sudah mendaftar,” ujar Sahidul Bahri, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Petani Desa Juai Sukes Kembangkan Pepaya California, Keuntungan Capai Jutaan Rupiah

Disamping itu, Sahidul juga menghimbau kepada seluruh Jamaah Haji yang akan berangkat Haji tahun ini untuk selalu menjaga kesehatan dan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, sehingga pelaksanaan ibadah Haji yang nantinya berlangsung dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan menjadi Haji Mabrur.

Berdasarkan data dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong per 4 Mei 2023, Jamaah Haji Kabupaten Tabalong yang akan berangkat mencapai 417 Jamaah. Jumlah ini berkurang dari kuota awal sebanyak 422 orang.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment