Home Tabalong Hari Ini Ribuan Masyarakat Saksikan Festival Tanglong Kelua

Ribuan Masyarakat Saksikan Festival Tanglong Kelua

by Muhammad Rais
0 comment

Festival Tanglong ke-10 yang digelar Remaja Masjid Ar-Ridha Kecamatan Kelua disambut antusias oleh masyarakat. Festival ini diharapkan menjadi sarana hiburan sekaligus ajang syiar Islam di wilayah selatan.

Beginilah saat ribuan masyarakat dari berbagai wilayah menyaksikan Festival Tanglong ke-10 yang digelar pada Jumat, 5 April 2024, di Terminal Kelua.

Nampak para masyarakat antusias menyaksikan sekitar 45 arak-arakan bernuansa Islami yang dibawa oleh 24 peserta baik dari remaja langgar maupun masjid di wilayah setempat.

Festival ini mendapat apresiasi dari sejumlah masyarakat lantaran di Kecamatan ini jarang sekali ada kegiatan besar.

Masyarakat pun mengaku festival ini dapat dijadikan sebagai ajang hiburan sekaligus syiar Islami dalam menyambut malam Nuzulul Qur’an.

“Dengan diadakannya acara ini, kami merasa sangat senang, merasa gembira, terhibur dengan acara yang diadakan ini karena di Kelua ini jarang diadakan acara-acara yang semeriah seperti ini,” ujar Emilia Susanti, warga Kelua.

“Semoga tahun depan bisa dilaksanakan kembali dan semeriah ini lagi, alhamdulillah acaranya bagus. Mudahan lancar saja acaranya malam ini sampai selesai, alhamdulillah terhibur,” tambah Mawardi, warga Sei Rukam.

Masyarakat berharap kegiatan serupa rutin digelar setiap tahun dengan skala yang jauh lebih besar.

Diketahui dari hasil penilaian Dewan Juri pada Festival Tanglong ke-10 Kelua, tuan rumah, Masjid Ar-Ridha Kelua, berhasil menduduki juara pertama dengan nilai 377. Juara kedua Masjid Al-Kiram Kelurahan Pulau dengan nilai 373, dan juara ketiga Masjid Al-Munawwarah Telaga Itar dengan nilai 372.

Harapan 1, Langgar Nurul Kiram Masintan, dengan nilai 340, Harapan 2, Langgar Baiturrahim, dengan nilai 339, dan Harapan Ketiga, Langgar Nurul Ikhsan Takulat, dengan nilai 331.

Juara pertama mendapatkan tropi dan uang tunai sebesar 1 juta 750 ribu rupiah, juara kedua tropi dan uang 1 juta 500 ribu rupiah, juara ketiga tropi dan uang 1 juta 250 ribu rupiah, harapan satu tropi dan uang 1 juta rupiah, harapan 2 tropi dan uang 750 ribu rupiah, dan harapan ketiga tropi dan uang 500 ribu rupiah.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment