Home Ramadan Usung Tema Masjid Masa Depan, Remaja Masjid Ar-Ridha Juarai Festival Tanglong

Usung Tema Masjid Masa Depan, Remaja Masjid Ar-Ridha Juarai Festival Tanglong

by Muhammad Rais
0 comment

Remaja Masjid Ar-Ridha Desa Pudak Setegal Kecamatan Kelua berhasil menjadi juara di ajang Festival Tanglong ke-10 Kecamatan Kelua yang digelar pada Jumat, 5 April 2024.

Inilah arak-arakan hasil kreativitas Remaja Masjid Ar-Ridha yang berhasil meraih juara 1 di ajang Festival Tanglong Kecamatan Kelua.

Mengangkat tema Masjid Masa Depan dengan replika masjid dan burung Buraq, peserta ini berhasil meraih penilaian tertinggi dengan angka 377.

Saat diwawancara, perwakilan Remaja Masjid Ar-Ridha, Muhamamd Iqbal mengaku senang dan bangga atas hasil yang diraih.

Ia mengakui untuk membuat arak-arakan tersebut, pihaknya memakan waktu kurang lebih 2 minggu.

“Kami gotong royong sebagai remaja Masjid Ar-Ridha, dibantu orang tua yang berpengalaman di bidang pembangunan miniatur. Jadi, kami membutuhkan waktu 2 minggu untuk membangun miniatur masjid masa depan, cita-cita remaja Masjid Ar-Ridha. Tema khususnya memperkenalkan Masjid Ar-Ridha, semoga bisa menjadi masjid yang baik di masa depan, dan mengingatkan bahwa ada seperti hewan Buraq yang kami buat, mengenai cirinya, meski orang belum tahu bagaimana kepalanya, kakinya, tapi kami mengambil dari hadis-hadis, mengedukasi kepada anak-anak, ada hewan Buraq dari surga yang ditunggangi Nabi Muhammad SAW,” ujar Muhamamd Iqbal, perwakilan Remaja Masjid Ar-Ridha Kelua.

Sementara itu, salah satu dewan juri, Yanrahmat, mengatakan adanya kriteria penilaian yang dilakukan meliputi keunikan dan otentikasi, keindahan dan kebersihan, kesesuaian tema, kreativitas, dan pasukan pengiring.

Baca Juga  Bupati Anang Terima Penghargaan dari Ketua ADPMET Ridwan Kamil

“Dalam kegiatan Festival Tanglong tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena semua kriteria itu dijadikan penilaian oleh dewan juri. Jadi, setiap peserta diwajibkan harus ada pengiring, jadi pengiringnya original, tidak sekadar diikuti oleh musik, tapi memang dari peserta yang menggunakan terbang atau sejenis alat untuk maulid,” ungkap Yanrahmat, dewan juri.

Diketahui dari hasil penilaian dewan juri pada Festival Tanglong ke-10 Kelua, tuan rumah, Masjid Ar-Ridha Kelua, berhasil menduduki juara pertama dengan nilai 377. Juara kedua Masjid Al-Kiram Kelurahan Pulau dengan nilai 373, dan juara ketiga Masjid Al-Munawwarah Telaga Itar dengan nilai 372.

Harapan 1, Langgar Nurul Kiram Masintan dengan nilai 340, harapan 2, Langgar Baiturrahim dengan nilai 339, dan harapan ketiga, Langgar Nurul Ikhsan Takulat dengan nilai 331.

Juara pertama mendapatkan tropi dan uang tunai sebesar 1 juta 750 ribu rupiah, juara kedua tropi dan uang 1 juta 500 ribu rupiah, juara ketiga tropi dan uang 1 juta 250 ribu rupiah, harapan satu tropi dan uang 1 juta rupiah, harapan 2 tropi dan uang 750 ribu rupiah, dan harapan ketiga tropi dan uang 500 ribu rupiah.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment