Home Tabalong Hari Ini Lomba Baca Puisi Jadi Cara Dispersip Gerakkan Budaya Baca Masyarakat

Lomba Baca Puisi Jadi Cara Dispersip Gerakkan Budaya Baca Masyarakat

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam rangka memperingati wafatnya Chairil Anwar sekaligus meningkatkan kegemaran literasi di Kabupaten Tabalong, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong menggelar lomba baca puisi Chairil Anwar pada Selasa, 30 April 2024.

Lomba puisi karya Chairil Anwar yang dilaksanakan melalui Bidang Layanan Perpustakaan dan Pengembangan Koleksi Dispersip Tabalong ini diikuti oleh 90 peserta yang terbagi pada kategori SD, SMP, SMA, hingga umum.

Pada umumnya, para peserta tersebut membacakan puisi karya Chairil Anwar yang berjudul “Aku” dan “Karawang Bekasi”.

Saat diwawancarai, Kepala Bidang Layanan Perpustakaan dan Pengembangan Koleksi Dispersip Tabalong, Lilis Martadiana, mengatakan terdapat beberapa indikator penilaian yang pihaknya berikan, yaitu antara lain vocal, ekspresi, tinggi-rendah nada, interval, serta rima.

“Kategori yang dinilai selain vocal, vocal ini menyangkut aksentuasi, kemudian juga menyangkut ekspresi, kemudian menyangkut vocal itu sendiri dinamika artinya tinggi rendahnya suara, kemudian juga intervalnya, kemudian juga rima dalamnya. Nah, disamping itu kita juga melihat kemampuannya yang memang dari bakat diri masing-masing, apakah itu berkembang sebagaimana lazimnya ataukah melalui tempaan-tempaan dari latihan-latihan yang dilakukan.” ujar Lilis Martadiana, Kabid Layanan Perpustakaan dan Pengembangan Koleksi Dispersip Tabalong.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong, Nor Hayati, mengatakan lomba ini digelar untuk memberikan penghargaan dan penghormatan kepada sosok pahlawan sekaligus budayawan dan sastrawan terkenal, Chairil Anwar. Selain itu, kegiatan ini juga digelar untuk menggerakkan budaya baca kepada seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga  400 Orang Suspect DBD di Tabalong, Dinkes Imbau Warga Budayakan 3M Plus

“Tujuan ajang lomba baca puisi Chairil Anwar ini untuk memberikan banyak pelajaran serta pengalaman kepada kita tentang mengenal seorang Chairil Anwar sebagai penyair. Melalui lomba ini, wawasan kita akan bertambah untuk mengembangkan budaya baca serta memberi penghargaan dan penghormatan kepada pahlawan, pejuang, serta para tokoh terkenal dan berjasa kepada bangsa ini, sebagaimana tokoh budaya dan sastrawan terkenal seperti Chairil Anwar.” ujar Nor Hayati, Kepala Dispersip Tabalong.

Selain kegiatan lomba baca puisi, dalam kesempatan ini Dispersip Tabalong juga bekerjasama dengan Bazar Cangkir Pustaka untuk memeriahkan acara.

Di mana para peserta dapat menunggu giliran tampil sambil membaca atau membeli buku yang mereka minati.

Founder Cangkir Pustaka, Anwar, menjelaskan bahwa adanya bazar buku dalam kegiatan ini sebagai bentuk dukungan dari pihaknya dalam membantu Dispersip Tabalong untuk meningkatkan literasi di Tabalong.

“Kami partisipan untuk pembudayaan gerakan membaca, kegiatan lomba baca puisi, bazar buku ini adalah motivasi sekaligus promosi untuk masyarakat lebih sering berkunjung ke perpustakaan seperti itu.” ujar Anwar, Founder Cangkir Pustaka.

Dalam kesempatan ini, para pemenang juara 1, 2, dan 3 di setiap kategori mendapatkan piala, piagam penghargaan, serta uang pembinaan.

You Might Be Interested In
Baca Juga  PJ Sekda Harap 10 Desa Agrowisata Hortikultur Jadi Penyanga Kebutuhan IKN

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment