Home Editor's Picks Nilai BUMDes Maju Bersama, DPMD: Jadi Ajang Evaluasi Pengelolaan BUMDes.

Nilai BUMDes Maju Bersama, DPMD: Jadi Ajang Evaluasi Pengelolaan BUMDes.

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tabalong melakukan penilaian lomba Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes di Desa Kambitin, Kecamatan Tanjung pada Selasa, 14 Maret 2023. Melalui penilaian ini, diharapkan BUMDes di Tabalong semakin lebih maju dan berkembang.

Dengan melibatkan 5 orang tenaga ahli program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa P3MD Kabupaten Tabalong, penilaian BUMDes Maju Bersama Desa Kambitin dilakukan secara langsung melalui sistem wawancara dan meninjau seluruh kegiatan BUMDes.

Terdapat sejumlah indikator yang dinilai seperti proses pembentukan BUMDes, kepengurusan, administrasi, pembukuan, omzet, hingga inovasi.

Kepala Desa Kambitin, Arbani, menyambut baik adanya penilaian BUMDes di desanya. Pasalnya, dengan hal tersebut akan membuat BUMDes untuk lebih baik.

“Iya, jadi kami ini mengikuti apalah namanya BUMDes ini. Kami juga mengharapkan adanya masukan-masukan dari tim penilai apa yang kami benahi nanti. Kami sangat mengharapkan itu supaya BUMDes ini tambah maju. Jadi, kami akan mengikuti arahan-arahan dari pada tim penilai.” ujar Arbani.

Sementara itu, Kepala DPMD Tabalong, Erwan Mardhani, mengatakan, pihaknya juga memanfaatkan momen penilaian lomba BUMDes ini untuk memberi masukan dan evaluasi bagi pengurus BUMDes maupun aparat desa, sehingga diharapkan dapat memajukan BUMDes.

“Jadi, tim penilai kami ini lengkap. Pasti ada evaluasi. Nah, makanya nanti kepala desa, kemudian ketua BPD, termasuk juga direktur BUMDesanya akan menerima masukan-masukan untuk dilakukan evaluasi. Jadi, kurang lebih satu minggu ini akan ada hasilnya. Jadi, dievaluasi dengan maksimal, perbaiki lagi, terus ada kemajuan.” ucap Erwan Mardhani.

Baca Juga  Pasar Murah TPID Kalsel Bersama TPID Tabalong Digelar 3 Hari

Sekedar diketahui, BUMDes Maju Bersama Desa Kambitin sendiri saat ini bergerak di bidang usaha simpan pinjam dan juga penyewaan tarup. Dari usaha tersebut, pada tahun 2022, BUMDes Maju Bersama berhasil menghasilkan omzet bersih sebesar kurang lebih 12 juta rupiah. Selain BUMDes Maju Bersama Desa Kambitin, penilaian lomba BUMDes juga menyasar 11 BUMDes lainnya yang merupakan perwakilan setiap kecamatan.

Maria Ulfa, TV Tabalong.Top of FormBottom of Form

Related Articles

Leave a Comment