Home Tabalong Hari Ini Di Hari Jadi ke-58, Pemkab Serahkan Penghargaan Kepada Kelompok dan Individu

Di Hari Jadi ke-58, Pemkab Serahkan Penghargaan Kepada Kelompok dan Individu

by Muhammad Rais
0 comment

Pada momen Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke-58, Pemerintah Kabupaten Tabalong menyerahkan berbagai penghargaan. Penerima penghargaan pun berupaya meningkatkan prestasi yang telah diraihnya.

Pemerintah Kabupaten Tabalong menyerahkan berbagai penghargaan, baik kepada kelompok maupun individu, usai pelaksanaan upacara Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke-58 pada Jumat, 1 Desember 2023, di Taman Giat Kota Tanjung.

Salah satu penghargaan yang diserahkan adalah hasil lomba Kawasan Bebas Jentik tahun 2023. Desa Warukin RT 3, Kecamatan Tanta, berhasil meraih juara pertama lomba ini untuk kategori pedesaan.

Kepala Desa Warukin, Dedy Unjang, mengatakan bahwa penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pemerintah Desa Warukin agar lebih baik ke depannya. Ia juga menegaskan bahwa Kawasan Bebas Jentik bukan sekadar perlombaan, melainkan harus berkelanjutan demi kesehatan seluruh masyarakat.

“Ini sebenarnya tidak kerja 1-2 orang, tapi melibatkan seluruh masyarakat. Jadi kita tanamkan kesadaran kepada masyarakat untuk selalu hidup bersih sehat, terutama dalam hal…jangan sampai di bak tampungan-tampungan air itu ada jentik, jadi dilakukan pengurasan, pembersihan lingkungan, sehingga tidak ada lagi tempat untuk nyamuk bersarang. Hal ini dilakukan untuk apa? Karena menghindari penyakit, tadi salah satu adalah demam berdarah yang bersumber dari nyamuk.” ujar Dedy Unjang, Kepala Desa Warukin.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 2 Tanta, Bastami, yang menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Tabalong untuk pertama kalinya, menyatakan bahwa upaya mewujudkan Sekolah Adiwiyata memberikan dampak terhadap lingkungan hidup di sekolah, yang menjadi lebih bersih dan nyaman.

Baca Juga  Kompol Teguh Siswoyo Resmi Menjabat Wakapolres Tabalong

“Tentunya kami seluruh bapak dan ibu guru tim Adiwiyata akan mempertahankan kebersihan lingkungan ini, dan nanti mempersiapkan lagi untuk persiapan ikut Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi.” ujar Bastami, Kepala SMPN 2 Tanta.

Berbagai penghargaan diserahkan mulai dari prasasti peresmian Pasar Wirang dan Pasar Jaro, penghargaan bagi pemenang lomba desain logo Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke-58, penghargaan dari Kantor Regional Delapan BKN Banjarmasin sebagai peringkat empat percepatan layanan pengangkatan, kenaikan pangkat, dan pensiun di wilayah Provinsi Kalsel, serta penghargaan kepada PT BPR Tabalong Bersinar yang telah menunjukkan kinerja terbaik terhadap perusahaan maupun dukungan pada pembangunan Kabupaten Tabalong.

Selanjutnya, penyerahan penghargaan kepada kelompok tani Lembu Sejati Desa Jaro sebagai juara pertama lomba ternak sapi tingkat provinsi Kalsel.

Lalu, penghargaan bagi 3 besar penilaian Desa Bersahaja, penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Tabalong kepada 4 sekolah, penyerahan apresiasi penilaian kerja UPBS kepada 5 UPBS, serta penyerahan simbolis kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk UPBS.

Selain penghargaan kepada kelompok, Pemerintah Kabupaten Tabalong juga menyerahkan penghargaan individu kepada 7 pemuda berprestasi, yaitu 2 peserta pertukaran pemuda antar provinsi sebagai peringkat pertama dan ketiga tingkat provinsi Kalsel, 1 pemuda pelopor bidang kepemimpinan pendidikan peringkat kedua tingkat provinsi Kalsel, 1 peserta pertukaran pemuda antar negara sebagai peringkat dua tingkat provinsi Kalsel, 1 pemuda peringkat pertama pertukaran pemuda antar negara ke Australia, 1 pemuda peringkat keempat lomba peningkatan iman dan taqwa tingkat provinsi Kalsel, serta 1 penggerak kewirausahaan berprestasi tingkat nasional dari Kemenpora RI.

Baca Juga  Aparat Desa & BPD Berperan Sosialisasikan Politik Jelang Pemilu 2024

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment