Home DPRD Bahas KUA PPAS Perubahan, Dewan: Usulan Disesuaikan dengan Skala Prioritas

Bahas KUA PPAS Perubahan, Dewan: Usulan Disesuaikan dengan Skala Prioritas

by Muhammad Rais
0 comment

Badan Anggaran DPRD Kabupaten Tabalong dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong kembali menggelar rapat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) untuk Anggaran Perubahan Tahun 2023. Dalam rapat ini, Badan Anggaran DPRD Tabalong menerima sejumlah usulan penambahan anggaran dari 3 SKPD.

Badan Anggaran DPRD Tabalong dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong membahas KUA PPAS Perubahan APBD 2023 bersama Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura, serta Dinas Perkebunan dan Peternakan. Pembahasan dilakukan pada Selasa, 15 Agustus 2023, di ruang rapat pimpinan Sekretariat DPRD Tabalong.

Dalam rapat ini, masing-masing SKPD menyampaikan usulan penambahan anggaran.

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Tabalong mengajukan penambahan kurang lebih 8,4 miliar dari anggaran sebelumnya sekitar 12,2 miliar. Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong mengajukan dari 40 miliar menjadi 61 miliar, serta Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DISIBUNAK) dari 23 miliar menjadi 48 miliar.

Wakil Ketua Satu DPRD Tabalong Jurni, mengatakan bahwa usulan ini akan dibahas lagi pada rapat finalisasi anggaran perubahan 2023 dan akan diakomodir sesuai program prioritas.

“Kalau yang seperti itu kita tidak bisa menjawab lolos atau tidak lolos, namun semuanya itu kita ada risalah rapat. Nanti kita buka lagi bersama-sama dengan tim TAPD. Di sana kita akan melihat apa-apa yang bisa kita akomodir, dana apa yang kita tunda untuk pelaksanaan di 2024, karena di perubahan ini waktu hanya sedikit. Jadi, kalau sifatnya lelang kegiatan yang sifatnya lelang, kita takutnya waktunya yang tidak mencukupi,” ujar Jurni, Wakil Ketua I DPRD Tabalong.

Baca Juga  Hunting Arsip Tokoh Pembangunan, Dispersip Temukan Desain Relief Penuntut Tabalong

Senada dengan hal tersebut, Wakil Ketua II DPRD Tabalong, Habib Muhammad Taufani Alkaf, menilai selama kemampuan keuangan daerah mencukupi, pihaknya siap mendukung program yang diajukan untuk kesejahteraan masyarakat Tabalong.

“Selama kemampuan keuangan daerah kita cukup, akan kita akomodir program-program yang bisa dikerjakan dalam waktu di anggaran perubahan ini. Apabila tidak memungkinkan waktunya, kita akan sisir kembali, apakah itu program prioritas. Kalau tidak prioritas, kita anggarkan nantinya di anggaran 2024,” ujar Habib Muhammad Taufani Alkaf, Wakil Ketua II DPRD Tabalong.

Rapat KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 dinilai DPRD Tabalong telah sesuai dengan tahapan dan harapan DPRD, serta waktu pembahasan anggaran perubahan yang cukup panjang. Sehingga diharapkan finishing anggaran perubahan 2023 dapat terealisasi sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat Tabalong.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment