Home Tabalong Hari Ini Internet Satelit Bakal Tersedia di Desa Binjai dan Ribang Muara Uya

Internet Satelit Bakal Tersedia di Desa Binjai dan Ribang Muara Uya

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Komunikasi dan Informatika Tabalong kembali melakukan survei di 2 desa dalam rangka persiapan pemasangan bantuan internet gratis dari Pemerintah Pusat pada Rabu, 27 Maret 2024.

Survei dan verifikasi lapangan untuk menentukan titik internet yang akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat dilakukan di 2 desa, yaitu Desa Binjai dan Desa Ribang, Kecamatan Muara Uya.

Fungsional Pranata Ahli Muda bidang Pengembangan Kota Cerdas, Muhammad Zainani, mengatakan bahwa dari hasil pemantauan dan penentuan titik koordinat diketahui lokasi tersebut memiliki akses internet yang sulit, sehingga layak diusulkan ke Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Disamping itu, menurutnya lokasi yang sudah ditentukan tersebut tidak ada kendala, terutama dari segi akses listrik yang sudah tersedia dan lokasi yang memadai.

“Untuk pemantauan di lokasi yang kita survei tadi, sinyal susah, jadi mungkin nanti dengan adanya titik internet ini bisa membantu masyarakat. Untuk titik lokasi tidak ditemukan kendala, karena di lokasi tersebut sudah tersedia listrik dan juga tempat yang memadai,” ujar Muhammad Zainani, Fungsional Pranata Ahli Muda bidang Pengembangan Kota Cerdas Diskominfo Tabalong.

Diketahui, 2 lokasi yang akan dilakukan pemasangan internet gratis tersebut adalah di SMPN 9 Muara Uya di Desa Binjai, dan di Kantor Desa Ribang Muara Uya.

Bantuan yang akan diberikan Pemerintah Pusat nantinya berupa titik internet yang disalurkan melalui satelit, sehingga bagi masyarakat yang memerlukan akses internet dapat langsung mendatangi lokasi tersebut.

Baca Juga  Silaturahmi Bersama KKT Banjarmasin Jadi Penutup Tugas Anang Sebagai Bupati

Diketahui, pada tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Tabalong mengusulkan 10 titik lokasi penyediaan akses internet ke Pemerintah Pusat.

10 lokasi tersebut terdiri dari Kampung Meho dan Kuari Desa Panaan, serta Kampung Misim Desa Dambung Raya Kecamatan Bintang Ara, Desa Binjai, Desa Ribang, Desa Sungai Kumap, dan Desa Salikung Kecamatan Muara Uya, Kampung Tu’u Desa Solan Kecamatan Jaro, serta Desa Kinarum Kecamatan Upau.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment