DKPPTPH Tabalong Panen Raya Ikan Mas & Nila Di Jaro

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Tabalong, menggelar panen raya ikan mas dan ikan nila di kelompok karya bersama Desa Namun Kecamatan Jaro, Kamis 17 November 2022. Panen raya ini diikuti Kepala DKPPTPH Tabalong, unsur Forkopimca Jaro, aparat desa serta para anggota kelompok karya bersama.

Panen raya kali ini dilakukan di keramba milik Surkani, warga desa namun yang tergabung dalam kelompok perikanan karya bersama. Jenis ikan yang dipanen di keramba ini yakni ikan mas dengan perkiraan stok siap panen sebanyak 2 ton.

Kepala DKPPTPH Tabalong, Mohamad Mugeni mengatakan, dengan melimpahnya panen kali ini diharapkan juga dibarengi dengan pengolahan produk perikanan, karena selain dapat menambah penghasilan, nantinya juga dapat menjadikan produk unggulan Kabupaten Tabalong.

‚ÄúDari hasil panen ini kita berharap bahwa ada kegiatan hilirnya pengolahan sebagaimana pak bupati menginginkan ada icon food Tabalong, kebetulan pak bupati menginginkan icon food nya itu adalah dendeng ikan nila,” ucapnya.

Mugeni berharap, para pembudidaya ikan yang tersebar di Kecamatan Jaro terutama di Desa Namun, dapat terus mengembangkan pembudidayaan ikan nila dan ikan mas. Sehingga Desa Namun nantinya dapat dikenal oleh masyarakat luas sebagai kawasan lumbung ikan nila dan ikan mas.

Mugeni juga berharap panen raya ini, dapat menumbuhkan kembali semangat para pembudidaya untuk dapat mengembalikan marwah Kecamatan Jaro sebagai pembudidayaan ikan dengan sistem mina padi. Terlebih saat ini telah didukung dengan irigasi teknis.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment