Home Food Pengiriman Produk Hortikultura ke IKN Melalui Pasar Agribisnis Capai 2,5 Ton per Hari

Pengiriman Produk Hortikultura ke IKN Melalui Pasar Agribisnis Capai 2,5 Ton per Hari

by tabalong hari ini
0 comment

Pengiriman produk hortikultura melalui Pasar Agribisnis Kembang Kuning terus meningkat setiap hari, khususnya untuk memenuhi kebutuhan pangan di Ibukota Nusantara. Rata-rata pengiriman produk hortikultura mencapai 2,5 ton per hari.

Pengiriman produk hortikultura ini dilakukan Badan Usaha Milik Desa bersama BUMDESMA Sarabakawa kepada 2 pedagang besar di Kalimantan Timur, yaitu di Babulu, Penajam Paser Utara, dan Balikpapan, serta 1 pedagang besar di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Pengiriman ini dilakukan dengan pengemasan langsung dari para petani yang ada di wilayah utara Tabalong, kemudian dilakukan penyortiran di Pasar Agribisnis Kembang Kuning sebelum nantinya dikirimkan kepada para pedagang pengumpul.

Dalam sehari, rata-rata pengiriman produk hortikultura seperti terong, cabai, buncis, kacang, tomat, dan beberapa komoditi hortikultura lainnya mencapai 2,5 ton.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Tabalong, Syam’ani, menjelaskan meski sebagian besar produk hortikultura Tabalong telah dipasok ke sejumlah wilayah, namun ia memastikan suplai tersebut dilakukan setelah kebutuhan hortikultura Tabalong terpenuhi.

“Jadi akan ada kawan-kawan BUMDESMA yang standby di sini untuk menerima barang dari petani ataupun produsen. Kalau itu sudah disortir, langsung di timbang. Kalau pun belum disortir, maka akan dilakukan penyortiran. Nah, sebetulnya tujuan utamanya adalah untuk kebutuhan di dalam daerah sendiri, jadi pedagang-pedagang pengumpul yang berasal dari wilayah Kabupaten Tabalong bisa mengambil barang langsung ke sini. Kemudian sisanya yang belum diambil para pedagang kita di wilayah Tabalong, itu yang akan dikirim. Jadi, target utama kita adalah pemenuhan kebutuhan dalam wilayah Kabupaten Tabalong,” ujar Syam’ani, Kepala Diskopukmperindag Tabalong.

Baca Juga  Pasar Kapar Direvitalisasi, Pedagang Harap Direlokasi ke Tempat Representatif

Syam’ani menambahkan meski tidak ada kendala terkait pengiriman, namun pihaknya akan terus berupaya mengoptimalkan operasional pasar agribisnis guna menunjang transaksi jual beli produk hortikultura dan pangan lainnya.

Diketahui, dari hasil kesepakatan antara Pemkab Tabalong dan BUMDESMA Sarabakawa, operasional pasar agribisnis akan beroperasi setiap hari, mulai dari pukul 2 siang hingga pukul 6 sore.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment