Home Tabalong Hari Ini Cabor Catur POR KORPRI Kemenag Kalsel Pertandingkan 3 Kategori

Cabor Catur POR KORPRI Kemenag Kalsel Pertandingkan 3 Kategori

by Muhammad Rais
0 comment

Puluhan peserta dari setiap kabupaten-kota mengikuti cabang olahraga catur pada gelaran Pekan Olahraga KORPRI tahun 2023 Kemenag Provinsi Kalsel. Cabor catur tersebut mempertandingkan 3 kategori, yaitu beregu campuran, perorangan putera, dan perorangan puteri.

Cabor catur Pekan Olahraga KORPRI tahun 2023 Kemenag Provinsi Kalsel digelar selama dua hari, mulai dari tanggal 15 hingga 16 September 2023, di MAN Satu Tabalong, Sulingan, Kecamatan Murung Pudak.

Cabor catur ini dipertandingkan ketiga kalinya secara berturut-turut setiap tahun, setelah Kabupaten HSU dan Kotabaru.

Ketua Panitia Pelaksana Cabor Catur, Ali Imran, mengatakan bahwa cabor catur dipertandingkan untuk memadahi pegawai di lingkup Kemenag Kalsel yang selama ini hanya sekadar hobi bermain catur. Ia berharap dengan dilaksanakannya pertandingan ini, semangat bermain catur akan tumbuh, dan bibit-bibit baru akan muncul.

“Jadi harapannya mudah-mudahan dengan tumbuhnya pertandingan-pertandingan POR seperti ini, akan menumbuhkan bibit-bibit baru dan memunculkan para pecatur yang dalam hal ini mungkin bisa ikut dalam event-event yang lebih luas lagi, mungkin sampai ke tingkat nasional,” kata Ali Imran, Ketua Panitia Pelaksana Cabor Catur.

Cabor catur mempertandingkan 3 kategori, yaitu beregu campuran, perorangan putera, dan perorangan puteri. Sistem pertandingan menggunakan pairing secara acak, dengan 5 babak untuk beregu campuran dan perorangan putera, serta 4 babak untuk perorangan puteri.

Baca Juga  Inovasi Julak Wasi Diharap Berkelanjutan

Pada setiap babak masing-masing peserta diberi waktu 25 menit 30 detik untuk menjalankan bidak catur mereka. Kemudian, hasil akhir pertandingan dihitung poin keseluruhan babak.

Beregu campuran diikuti oleh 48 peserta, masing-masing 4 peserta dari 11 kabupaten-kota, dan 1 tim Kanwil Kemenag Kalsel. Dua kabupaten-kota yang tidak mengikuti kategori ini adalah Banjarbaru dan Tanah Bumbu. Kabupaten HSS menjadi juara pertama pada kategori beregu campuran, diikuti Banjarmasin di posisi dua, dan Tabalong ketiga.

Sementara pada kategori perorangan putera, pecatur asal Batola berhasil menjadi juara pertama mengalahkan 25 peserta lainnya, diikuti pecatur asal HSS di posisi dua, dan Tapin ketiga. 25 peserta ini berasal dari seluruh kabupaten-kota dan Kanwil Kemenag Kalsel, kecuali Balangan.

Sedangkan Juara perorangan puteri berhasil direbut pecatur asal HSU, diikuti pecatur asal Tapin di posisi dua, dan Tabalong ketiga. Kategori perorangan puteri diikuti 12 peserta dari 7 kabupaten-kota, yaitu Banjarmasin, Tanah Bumbu, Tapin, HST, HSU, Balangan, dan Tabalong, serta perwakilan Kanwil Kemenag Kalsel.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment