Home Tabalong Hari IniPertanian & Perkebunan Disbunnak Tabalong Optimis Realisasi APBD Semester I Capai 45%

Disbunnak Tabalong Optimis Realisasi APBD Semester I Capai 45%

by tabalong hari ini
0 comment

Pada semester pertama APBD tahun 2023, realisasi anggaran Disbunnak Tabalong mencapai 25%. Angka ini dipastikan akan meningkat hingga akhir Juli mendatang, pasalnya sebagian besar program kegiatan bersifat fisik dan pengadaan barang.

Capaian realisasi anggaran Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong disampaikan oleh Kepala Disbunnak Tabalong, Soleh, dalam rapat kerja bersama Komisi Dua DPRD Tabalong pada Senin, 3 Juli 2023, di Sekretariat DPRD Tabalong, Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Soleh menjelaskan bahwa meski realisasi anggaran Disbunnak Tabalong pada semester pertama tahun 2023 ini baru mencapai 25.85%. Namun, ia memastikan angka tersebut akan meningkat hingga 45.60% pada akhir bulan Juli mendatang.

Pasalnya, saat ini sejumlah kepala bidang yang ada di Disbunnak sedang melakukan penginputan melalui sistem LPSE, khususnya program kegiatan bersifat fisik dan pengadaan barang.

“Karena fisik ini kan melalui proses di LPSE itu. Jadi semua kepala bidang diharapkan yang terdapat fisik maupun pengadaan barang untuk secepatnya dilakukan, terutama untuk pengadaan barang itu lebih cepat melalui e-katalog.” ujar Soleh, Kepala Disbunnak Tabalong

Sementara itu, menanggapi hal ini, Wakil Ketua Komisi Dua DPRD Tabalong, Mursalin, mengatakan bahwa pihak DPRD tidak mempermasalahkan belum maksimalnya realisasi anggaran Disbunnak Tabalong mengingat masih bersifat kondisional. Ia pun meyakini bahwa ke depan realisasi anggaran akan meningkat melalui berbagai program kegiatan.

Baca Juga  Warga Jaro Dilatih Cara Membuat Kreasi Hantaran

“Kalau melihat dari kondisi ini sebenarnya itu hanya keterlambatan saja. Realisasinya terlambat karena disampaikan masih dalam proses. Intinya kita yakin bahwa kami dari komisi 2 meyakini mereka tercapai realisasi di bulan Juli ini lebih dari 50%.” ujar Mursalin, Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabalong.

Dalam rapat kerja Komisi Tiga DPRD Tabalong bersama Disbunnak Tabalong ini, dibahas secara menyeluruh realisasi anggaran serta berbagai program kegiatan Disbunnak Tabalong tahun 2023.

Adapun program kegiatan yang akan direalisasikan dalam satu minggu ke depan adalah pembagian 203 ekor kambing kepada kelompok-kelompok tani di wilayah utara Tabalong.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment