Home Editor's Picks Makanan dan Minuman Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh saat Cuaca Ekstrem

Makanan dan Minuman Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh saat Cuaca Ekstrem

by tabalong hari ini
0 comment

Pemirsa, tahukah Anda ada beberapa makanan dan minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh ketika menghadapi perubahan cuaca yang tidak menentu saat ini? Berikut informasinya.

Pemirsa, mungkin Anda beberapa waktu terakhir merasakan kondisi cuaca yang tidak menentu atau berubah-ubah, seperti cuaca panas terik yang begitu menyengat, lalu tiba-tiba cuaca berganti menjadi hujan.

Nah, pergantian cuaca yang tidak menentu itulah yang bisa membuat kondisi tubuh tidak stabil dan cenderung rentan terserang penyakit. Pasalnya, ketika terjadi peralihan suhu yang ekstrem, virus akan lebih mudah berkembang dan dapat lebih cepat menyebabkan penurunan kinerja sistem imun dalam tubuh.

Untuk mengantisipasi serangan virus ketika cuaca tidak menentu, maka kita perlu menjaga kesehatan tubuh dengan memastikan kebutuhan nutrisi harian agar selalu terpenuhi. Karena mengingat asupan gizi yang baik dan cukup, memegang peranan besar dalam mempertahankan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Adapun beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya:

Buah jeruk Buah jeruk sangat bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Vitamin C yang ada pada jeruk dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi melawan virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh.

Paprika Paprika memiliki kandungan vitamin C tiga kali lebih banyak dari jeruk. Paprika juga mengandung beta karoten tinggi yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga  Panen Hadiah Simpedes, Nasabah BRI Unit Tanjung Raih Suzuki Ertiga

Brokoli Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. Brokoli memiliki vitamin A, C, E, serat, serta antioksidan lainnya. Sayuran ini bermanfaat untuk mendetoksifikasi radikal bebas, menurunkan resiko diabetes, penyakit jantung serta memperbaiki sistem imun tubuh.

Jahe Tanaman ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tidak jarang rempah yang satu ini banyak digunakan sebagai obat tradisional apabila sedang tidak enak badan. Jahe dapat menjadi bahan campuran minuman yang dapat menyehatkan tubuh.

Sayur bayam Bayam memiliki kandungan beta karoten serta antioksidan yang berfungsi melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh. Bayam juga mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, C, K1, vitamin B9, dan zat besi. Meskipun kaya akan vitamin, pemirsa harus tetap memperhatikan cara pengolahan sayur ini agar nutrisi nya tetap terjaga.

Selanjutnya, buah pepaya. Mungkin pemirsa sering mendengar bahwa pepaya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Selanjutnya buah pepaya, mungkin pemirsa sering mendengar bahwa pepaya sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Namun tidak hanya itu saja, pepaya juga memiliki manfaat yang sangat banyak. Salah satunya yakni dapat melawan peradangan dalam tubuh. Pepaya kaya akan vitamin dan mineral bagi tubuh. Selain itu, juga buah ini mengandung kalsium, magnesium, vitamin B1, B3, B5, vitamin C, dan antioksidan.

Selain itu, pemirsa juga dapat mengonsumsi yogurt. Yogurt bisa menjadi sumber vitamin D yang baik untuk tubuh. Vitamin D sendiri dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

Kacang almond. Almond memilik banyak kandungan vitamin E. Vitamin E sendiri adalah kunci untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Selain mengonsumsi makanan yang dapat menambah imun tubuh, pemirsa juga di-anjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan meminum 2 liter air putih setiap harinya. Selain itu, juga dapat meminum penambah imun seperti teh hijau, jamu kunyit asam, air kelapa hijau, wedang jahe, dan susu.

(Nova Arianti/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment