Disbunak Catat Ribuan Ternak Diqurbankan Di Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Berdasarkan data dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong, sebanyak 1033 ekor ternak dipotong dalam memenuhi kebutuhan kurban umat muslim, pada perayaan Idul Adha Tahun 2022. Jumlah tersebut terbagi dalam ternak besar seperti sapi dan kerbau, dan ternak kecil seperti kambing dan domba. Dengan rincian sebanyak 912 ekor sapi, 46 ekor kerbau, 70 ekor kambing dan 3 ekor domba.

Jumlah hewan kurban untuk Tahun 2022 ini sedikit menurun dibandingkan jumlah hewan qurban Tahun 2021. Yang mana pada Tahun 2021, total hewan kurban sebanyak 1065 ekor yang terdiri dari ternak besar dan ternak kecil.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong, Norzain Ahmad Yani menuturkan, meski secara keseluruhan terjadi penurunan, namun untuk hewan kurban sapi dan kerbau yang dikurbankan Tahun 2022, terjadi peningkatan dibanding Tahun 2021.

 “Nah dibandingkan pemotongan hewan kurban tahun kemarin diluar perkiraan kita ya ternyata terjadi kenaikan yaitu dari tahun kemarin angka nya di untuk sapi 884 ekor sedangkan kerbau 30 ekor, dua dua nya meningkat. Nah sedangkan untuk ternak yg kecil yaitu kambing dan domba terjadi penurunan, kalau tahun kemarin itu untuk kambing 148 ekor dan domba 3 ekor, nah di tahun ini jumlah kambing cuma 70 ekor, sedangkan domba tetap. Memang penyebabnya adalah kita kesulitan mendatangkan kambing dari luar jadi kita mengandalkan kambing yang ada ditempat kita,” ungkap Norzain A. Yani, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong.

Norzain menambahkan, untuk hewan ternak yang dipotong saat ibadah kurban 2022, berasal dari lokal Tabalong maupun luar Tabalong. Seperti ternak sapi saat momen Idul Adha, dari total 914 ekor sapi, sebanyak 277 ekor merupakan sapi lokal Tabalong, dan 637 ekor sapi didatangkan dari luar Tabalong. Untuk hewan kurban kerbau semuanya berasal dari luar Tabalong, hewan kurban kambing semuanya dari lokal Tabalong, sedangkan hewan kurban domba semuanya didatangkan dari luar Tabalong.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment