Home Tabalong Hari IniPemerintahan 5 Desa dan 3 Kelurahan Masuk Nominasi Desa dan Kelurahan Terbaik Tingkat Kabupaten

5 Desa dan 3 Kelurahan Masuk Nominasi Desa dan Kelurahan Terbaik Tingkat Kabupaten

by tabalong hari ini
0 comment

DPMD Tabalong menggelar Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Tabalong tahun 2023. Sebanyak 5 desa dan 3 kelurahan masuk nominasi Desa dan Kelurahan Terbaik.

Sebanyak 5 desa dan 3 kelurahan dari 131 desa dan kelurahan yang ada di Tabalong masuk nominasi Desa dan Kelurahan Terbaik tingkat Kabupaten Tabalong tahun 2023.

Adapun desa dan kelurahan tersebut adalah Desa Halangan Kecamatan Pugaan, Desa Garagata Kecamatan Jaro, Desa Bintang Ara Kecamatan Bintang Ara, Desa Murung Karangan Kecamatan Muara Harus, dan Desa Wayau Kecamatan Tanjung. Kelurahan Sulingan Kecamatan Murung Pudak, Kelurahan Jangkung Kecamatan Tanjung, dan Kelurahan Pulau Kecamatan Keluar.

Para nominator ini pun mengikuti tahapan paparan yang berlangsung dari tanggal 25 sampai dengan 26 Mei 2023 di kantor DPMD Tabalong.

Tim penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Tabalong tahun 2023, Noriadi, yang ditemui usai paparan kepala desa serta lurah pada Jumat, 26 Mei 2023, mengatakan bahwa melalui lomba ini diharapkan pengelolaan dan penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan semakin meningkat.

“Kami berharap juga berbagai administrasi yang perlu dibenahi oleh pemerintahan desa dan juga kelurahan, seperti bagaimana penyelenggaraan pemerintahannya, bagaimana pembangunannya, bagaimana pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaannya, serta antisipasi terhadap terjadinya bencana.” ujar Noriadi, Tim Penilai Lomba Desa & Kelurahan Tingkat Kabupaten.

Baca Juga  Komisi 1 DPRD Tabalong Perjuangkan P3K Nakes Ke Kemenkes

Noriadi menambahkan, pasca pemaparan para nominator nantinya DPMD Tabalong akan melakukan tahap verifikasi lapangan ke masing-masing desa dan kelurahan yang dijadwalkan tanggal 29 sampai dengan 31 Mei 2023.

Usai tahap tersebut, DPMD akan menentukan Desa dan Kelurahan Terbaik Tingkat Kabupaten Tabalong tahun 2023, lalu diikutsertakan pada lomba tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Diketahui sebelumnya, ajang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Tabalong dilakukan secara bertahap, mulai dari tahap pertama seleksi di tingkat kecamatan, tahap kedua desa dan kelurahan perwakilan 12 kecamatan diseleksi berkas tahap awal oleh DPMD Tabalong, dan di tahap 3 para nominator yang terdiri dari 5 desa dan 3 kelurahan melaksanakan paparan di hadapan tim penilai.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment