Home Tabalong Hari Ini BLK Buka 5 Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap Pertama

BLK Buka 5 Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap Pertama

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Ketenagakerjaan Tabalong melalui UPTD BLK Tanjung membuka pendaftaran pelatihan berbasis kompetensi tahap pertama di tahun 2024. Pendaftaran dibuka mulai dari tanggal 23 Januari hingga 15 Februari 2024.

Di tahap awal pelatihan berbasis kompetensi tahun 2024, UPTD BLK Tanjung membuka 5 program pelatihan. Program pelatihan tersebut adalah pembuatan roti dan kue, pemeliharaan dan perbaikan AC untuk rumah tangga, desain grafis muda, pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana, dan plate welder 3G.

Adapun syarat dan proses pendaftaran pelatihan dapat diakses secara online melalui website resmi BLK Tanjung blk.disnaker.tabalongkab.go.id.

PLT Kepala UPTD BLK Tanjung, Zuhrufilla, mengatakan bahwa nantinya berkas peserta yang masuk akan diseleksi oleh pihak BLK Tanjung mengingat kuota peserta pelatihan terbatas, hanya untuk 16 orang di masing-masing program pelatihan.

“Jadi begini, kalau sekarang kita latihannya berdasarkan berbasis SKKNI. Jadi kalau berbasis SKKNI itu tergantung standar kompetensi yang ada di pusat. Nah, setiap kejuruan itu dia sudah punya standar, jadi kaya roti dan kue 140 JP, kalo kaya las itu bisa sampai 300 JP lebih. Nah, kalau 140 JP paling sekitar 18 hari sudah selesai. Jadi misalnya kaya las listrik itu sekitar 300-an JP itu sekitar 2 bulan seperti itu, tergantung kejuruan,” ujar Zuhrufilla, PLT Kepala UPTD BLK Tanjung.

Baca Juga  DP3AP2KB: Orang Tua Punya Peran Cegah Tindakan Asusila pada Anak

Berdasarkan data UPTD BLK Tanjung hingga Jumat, 26 Januari 2024, jumlah sementara pendaftar sebanyak 102 orang yang terdiri dari pembuatan roti dan kue 10 orang, pemeliharaan dan perbaikan AC untuk rumah tangga 14 orang, desainer grafis muda 14 orang, pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana 4 orang, dan plate welder 3G 60 orang pendaftar.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment